Home / Peristiwa / 2 Kakek di Tangerang Selatan Edarkan Uang Palsu

2 Kakek di Tangerang Selatan Edarkan Uang Palsu

uangDua kakek di Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Banten, kedapatan mengedarkan serta bertransaksi dengan uang palsu di wilayah tersebut. Bahkan, para tersangka mengaku uang tersebut didapat dari pemasok asal Depok, Jawa Barat.

Dua pelaku yang mengedarkan uang palsu tersebut merupakan Sayun Hariyanto atau Yanto (65) warga Desa Kedungwungu, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah yang ditangkap pada Jumat 26 Agustus lalu. Sedangkan Rosyid (61), rekan Yanto, warga Kampung Pengasinan, Depok, Jawa Barat yang ditangkap pada Minggu 28 Agustus 2016.

Kasubag Humas Polres Tangerang Selatan AKP Mansuri menyebutkan, penangkapan seusai ada info dari warga terkait peredaran uang palsu di wilayah Pondok Aren. Polisi pun mengintai salah satu rumah kontrakan di Jalan Lembang, Gang SMA PGRI, Kelurahan Sudimara Barat, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang.

“Kita tangkap satu pelaku yakni Yanto dengan barang bukti uang palsu berjumlah berjumlah Rp 4,5 juta dengan pecahan Rp 100 ribu serta Rp 50 ribu,” kata Mansuri, Selasa (30/8/2016).


Berdasarkan keterangan Yanto, menurut Mansuri, uang palsu tersebut didapat dari Rosyid. Yanto disuruh menukar kembali uang palsu tersebut.

Dari perbincangan transaksi itu, terungkap bahwa pada Minggu lalu Rosyid bakal datang untuk menyetor lagi uang palsunya. “Pelaku Rosyid datang ke kontrakan Yanto serta langsung kami geledah serta didapatkan uang palsu sejumlah Rp 2 juta dengan pecahan Rp 100 ribu serta Rp 50 ribu,” ucap Mansuri.

Kedua tersangka permasalahan pemalsuan uang itu bakal dijerat dengan Pasal 36 ayat 1 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 mengenai Mata Uang dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara.

Sumber : Liputan6

Lihat juga

bus-kecelakaan-di-tanjakan-emen-subang

Kecelakaan di Tanjakan Emen, Korban Warga Kampung Legoso Ciputat

Kecelakaan terjadi di Tanjakan Emen, Ciater, Subang, Jawa Barat, pada Sabtu sore, 10 Februari 2018. …