Home / Dunia Islam / Ahok pastikan tak ada razia warung makan di Ibu Kota

Ahok pastikan tak ada razia warung makan di Ibu Kota

ahok2Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) memastikan bahwa tak bakal ada razia kepada warung makan di Bunda Kota yang buka siang hari selagi bulan Ramadhan.

“Mana ada yang razia? Dari mana dasarnya razia?” kata Basuki di Balai Kota, Senin pagi.

Ia mengatakan bahwa tak ada Peraturan Daerah DKI Jakarta yang mengatur razia tempat makan selagi bulan puasa dan tak semua warga harus menjalankan ibadah puasa.

Keharusan berpuasa selagi bulan Ramadhan tak berlaku pada orang yang sedang sakit, orang yang sedang meperbuat perjalanan, orang yang telah tua dan dalam keadaan lemah, dan perempuan yang sedang hamil alias menyusui.


“Lalu, (mereka jadi) enggak dapat cari makanan?” tanyanya.

Ia lantas menceritakan pengalamannya saat belajar di sekolah Islam di Belitung, bahwa kawan-kawannya mengatakan pahala berpuasa menjadi berlipat ketika ada orang yang tak berpuasa makan di depan mereka.

Ahok, yang tak berpuasa, pun membicarakan bahwa ketika memenuhi undangan pertemuan siang hari di rumah rekannya yang berpuasa kemarin hari lalu, dirinya masih disuguhi makan siang walau baginda rumahnya sedang berpuasa.

Razia warung makan yang beroperasi siang hari yang diperbuat Satuan Polisi Pamong Praja Kota Serang, Banten, menjadi percakapan Netizen sebab petugas menyita dagangan warung makan Saeni, pedagang yang telah berumur lanjut.

Netizen, yang banyak mengecam perbuatan tersebut, lantas menggalang dana untuk Saeni. Aksi penggalangan dana yang digagas akun Twitter @dwikaputra dan dijalankan bersama Aksi Cepat Tanggap dan Kitabisa.com itu ditutup 12 Juni pukul 12.00 tersebut sukses menggalang sumbangan total Rp265,5 juta.

Lihat juga

jadah

Peneliti Umumkan Penemuan Bersejarah di Masjid Memar Jeddah

Komisi Pariwisata serta Warisan Nasional Arab Saudi (SCTH) sudah memkabarhukan penemuan berumur 160 tahun di …

One comment

  1. Sebaiknya masyarakat yang melihat ini bisa bijaksana menilai dari sisi kebijakan, aturan atau kemanusiaan, jangan dilebih-lebihkan. Semoga berkah ramadhan datang pada kita semua.