Home / Dunia Islam / Alhamdulillah, 50 Penjaga Masjid di Jakarta Berangkat Umrah

Alhamdulillah, 50 Penjaga Masjid di Jakarta Berangkat Umrah

marbot-masjidSebanyak 50 orang penjaga masjid atau biasa dikenal marbut di Jakarta mendapat kesempatan langka. Mereka akan berangkat melaksanakan umrah pada awal November 2016. Ke-50 marbut tersebut terpilih dari proses seleksi yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta melalui Dewan Masjid Indonesia (DMI).

” Tahun lalu ada 40 marbut yang diberangkatkan, tahun ini cuma tambah 10 orang saja. Kalau perlu setiap bulan berangkatkan 100 orang,” kata Gubernur DKI Jakarta saat melepas jemaah umrah 50 marbut di Balai Kota DKI Jakarta, mengutip laman beritajakarta.com, Kamis, 27 Oktober 2016.

Beliau mengaku telah meminta pihak terkait utuk menambah jumlah marbut yang diberangkatkan setiap tahunnya. Bahkan dia berharap bisa memberangkatkan marbut umrah setiap dua bulan sekali.

Pemprov DKI Jakarta sendiri berharap seluruh marbut yang ada di seluruh wilayah Ibukota bisa diberangkatkan umrah. Saat ini jumlah masjid yang tersebar di lima wilayah dan satu kabupaten di Jakarta mencapai lebih dari 3.000 masjid.


Sementara itu, Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) DKI Jakarta, Mamun Al Ayubi membahas, sekarang tetap ada ribuan marbut yang menantikan untuk diberangkatkan umrah. Tahun depan, pihaknya telah menganggarkan memberangkatkan 60 marbut.

” Beruntung untuk marbot yang dapat pergi tahun ini. Tahun depan telah dianggarkan juga. Kita harap jumlahnya dapat lebih tak sedikit,” harapnya.

Untuk dapat diberangkatkan umrah, seorang marbot wajib mengikuti proses seleksi. Para marbot yang terpilih merupakan yang sanggup memenuhi berbagai persyaratan, semacam mempunyai rekening Bank DKI, hafal surat singkat minimal 10 surat serta telah bekerja sebagai marbut di atas lima tahun.

Lihat juga

jadah

Peneliti Umumkan Penemuan Bersejarah di Masjid Memar Jeddah

Komisi Pariwisata serta Warisan Nasional Arab Saudi (SCTH) sudah memkabarhukan penemuan berumur 160 tahun di …