Home / Daerah / Warga Klaten Kini Punya Taman Bunga Tempat Selfie

Warga Klaten Kini Punya Taman Bunga Tempat Selfie

Taman Bunga di Klaten

Hamparan bunga Celocia berwarna kuning dan  merah tampak indah dipandang disebuah areal persawahan seluas  kurang lebih 700 meter tersebut  milik Isto Suarno warga RT 24/8 Pamukti Baru Desa Tlogo  Kecamatan Prambanan Klaten.

“Pada awalnya  lahan ini merupakan persawahan  yang kemudian saya tanami bunga Celocia. Tanaman ini saya buat bedeng-bedeng seperti menanam cabai. Setelah saya buka untuk umum banyak masyarakat  ini untuk masuk Rp, 8000/orang. Lumayan dibanding ditanami padi,” ungkap Isto Suarno kepada wartawan, Selasa (21/8/2018).

Masyarakat yang datang dapat menikmati keindahan bunga yang berwarna kuning dan merah tersebut. Selain itu banyak dari mereka yang memanfaatkan untuk Selfie sebagai kenangan.


“Ini sudah satu minggu kami buka. Alhamdulillah pengunjungnya banyak. Kalau hari-hari biasa pengunjung yang datang puluhan saja,  tetapi pada akhir pekan atau hari libur terutama sore hari pengunjung bisa mencapai ratusan,” tambahnya.

Dia juga menceritakan pada awalnya menanam tanaman bunga celocia hanya sekedar hobi menanam bunga dan buah-buahan. Untuk mendapatkan tanaman bunga seperti itu harus mencari diberbagai tempat.

“Saya mencari benih bunga Celocia  diberbagai tempat mulai dari Krakal Gunung Kidul, Samas Bantul dan Muntulan. Setelah melihat berbagai  tempat  dan diwilayah Prambanan tidak ada  dan potensi bagus maka saya berkeyakinan untuk bikin. Mulai dari situlah saya mencari benih,” beber dia.

Inovasi berupa membuat taman bunga Celocia dengan memanfaatkan lahan terbatas merupakan jenis usaha baru. Namun jika dikelola dengan baik akan dapat memberikan  manfaat  secara ekonomi.

“Pak Isto Suarno sebenanrnya ingin menyebarkan ilmu, suatu hal yang baru. Saya juga senang berbagi pengalaman agar orang dapat meniru yang pada akhirnya mendatangkan pendapatan,” ungkap Isto Suarno yang pernah belajar tentang bunga dan kelengkeng di Thailand itu.

Isto Suarno yang mantan pegawai taman Wisata Candi Prambanan tersebut dalam pengelolaan taman bunga juga dipadukan dengan tanaman kelengkeng.

Lihat juga

pelantikan kepala kejari tangerang selatan

Kota Tangerang Selatan Kini Punya Kejaksaan Negeri Sendiri

Kota Tangerang Selatan ( Tangsel) kini memiliki Kejaksaan Negeri (Kejari) sendiri setelah selama ini menginduk …