Home / Teknologi / Browser Web Terbaik 2017 : Chrome, Edge, Firefox atau Opera?

Browser Web Terbaik 2017 : Chrome, Edge, Firefox atau Opera?

pcw-browsers-2017Browser web  adalah perangkat lunak yang paling penting di PC Anda-setidaknya untuk sebagian besar pengguna. Anda mungkin menghabiskan sebagian besar waktu komputer Anda untuk melihat aplikasi web atau situs web.

Itulah mengapa penting untuk memastikan Anda selalu mendapatkan browser terbaik untuk pekerjaan itu, dan di tahun 2017 itu tidak termasuk Internet Explorer. Jika Anda masih menggunakan built-in browser Edge di Windows, namun sulit untuk tetap bertahan dengan Edge , maka anda dapat memiliki pilihan lain termasuk Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Opera.

Mari kita lihat empat browser utama (dan modern) untuk melihat bagaimana peringkat di tahun 2017.

Chrome
Juara saat ini, Google Chrome berada di puncak diagram metrik StatCounter dan NetMarketShare dengan margin yang sangat besar. Browser Google telah membangun basis penggemar yang berdedikasi berkat ekstensi masifnya, dan kenyataan bahwa ini hanya menyisihkan fokus pada konten web, bukan hiasan peramban.


Chrome tidak sesederhana dulu, tapi masih sangat mudah digunakan. Tidak banyak yang ada di Chrome kecuali bar URL yang besar-yang dikenal sebagai OmniBar-plus ruang untuk ekstensi, ikon bookmark, tab, dan hanya itu.

Namun Google masih menemukan cara untuk menyembunyikan semua jenis fitur di dalam browser, termasuk integrasi mendalam dengan layanan Google. Ini memungkinkan Anda untuk menyinkronkan bookmark, kata sandi, tab terbuka, dan lebih banyak lagi di perangkat. Chrome juga memiliki dukungan multi-akun jika Anda memerlukannya, penampil PDF built-in, fungsi Google Terjemahan bawaan, task manager, dan item menu konteks Paste dan go yang selalu berguna.

Jika ada satu keluhan yang dimiliki orang tentang Chrome, browser akan menghabiskan memori yang tersedia. Pengujian browser kami pada tahun 2015 menunjukkan bahwa Chrome benar-benar memakan memori, namun 2 tahun kemudian hasilnya cukup baik dalam pengujian kami.

Firefox

Bagi pengguna yang menyukai dan menginginkan privasi yang lebih besar daripada yang bisa dibuat browser buatan Google, open source Mozilla Firefox adalah pilihan terbaik Anda. Firefox membuka jalan bagi browser lain untuk dapat diperluas, dan sementara add-on Firefox cukup bagus, sekarang lebih mudah dibandingkan dengan Toko Web Chrome. Seperti Google, Firefox memiliki fitur sync.

Dimana Firefox telah benar-benar bersinar dalam beberapa tahun terakhir adalah dengan mode penyamaran browser. Semua peramban memiliki mode pribadi yang memungkinkan Anda menjelajah tanpa aktivitas Anda dicatat dalam riwayat tersimpan Anda. Namun, sebagian besar waktu mode pribadi ini memungkinkan situs web melacak aktivitas Anda untuk sesi tertentu. Firefox tidak menyertakan pemblokir iklan dan pelacak saat menggunakan mode penyamaran.

Opera
Sebelum Chrome, Opera adalah pilihan populer di kalangan pengguna. Mantan CEO Opera Jon Stephenson von Tetzchner mencoba untuk kembali bersama Vivaldi. Opera hari ini benar-benar salah satu browser yang lebih di bawah standar. Ini didasarkan pada teknologi inti yang sama dengan Chrome (mesin rendering Blink dan mesin JavaScript V8), yang berarti dapat menjalankan banyak ekstensi Chrome-bahkan ada ekstensi untuk memasang ekstensi dari Toko Web Chrome.

Opera juga menambah beberapa fitur yang tidak biasa seperti Turbo, yang menghemat waktu muat dan bandwidth dengan menekan halaman web di server Opera. Ini juga mendapat fitur keamanan yang bagus yang disebut penyembunyian domain yang menyembunyikan sebagian besar URL sehingga pengguna dapat melihat dengan mudah dan jelas apakah mereka berada di Google.com atau google.com.scam.com-dengan scam.com menjadi situs web sebenarnya.

Baru-baru ini, Opera memperkenalkan sendiri pada sidebar sosial dengan akses satu klik ke layanan seperti WhatsApp, Facebook Messenger, dan Telegram. Seperti Chrome dan Firefox, Opera juga memiliki fitur sinkronisasi perangkat silang.

Microsoft Edge
Microsoft Edge masih bekerja dalam proses. Anda akan melihat di bawah ini bahwa kinerjanya semakin baik, tapi bukan yang terbaik tahun 2017 ini. Ekstensi Edge sangat kecil, fungsi sinkronisasi hampir tidak ada, dan tidak mendapat update, meskipun yang diharapkan bisa berubah seiring dengan Fall Creators Update.

Meski memiliki kekurangan, Edge memiliki beberapa fitur bermanfaat yang akan menarik perhatian beberapa orang. Edge sangat terintegrasi dengan kemampuan Windows 10, dan juga OneNote, sehingga memudahkan untuk memotret halaman web, memberi keterangan, dan menyimpannya ke notebook. Cortana juga merupakan bagian besar dari Edge. Anda bisa menggunakan asisten digital Microsoft untuk cepat mencari informasi, membandingkan harga, atau mendapatkan perhitungan cepat.

Seperti Chrome, Edge memiliki fitur casting. Ada juga fitur tab khusus untuk menyimpan koleksi situs web, kemampuan untuk membaca ebook (bagus untuk tablet), dan halaman tab MSN.com-ish baru. (PCWORLD)

Lihat juga

Zukenburk

Pernyataan Lengkap Zuckerberg Soal Kebocoran Data Facebook

Jakarta – Setelah dinanti-nantikan, bos Facebook buka-bukaan mengenai apa yang sebenarnya terjadi dalam kasus penyalahgunaan data …