Home / Teknologi / e-Commerce Belum Jadi Tempat Jualan Online Paling Favorit

e-Commerce Belum Jadi Tempat Jualan Online Paling Favorit

ecommerce
Terbukti ternyata selain melalui platform e-commerce, seperti marketplace, iklan baris, dan lainnya, transaksi jual beli online juga sering dilakukan di media sosial. Dari hasil penelitian Asosiasi e-Commerce Indonesia (idEA), ditemukan fakta bahwa Facebook menjadi media sosial favorit masyarakat Indonesia.

Facebook menjadi urutan nomor satu dengan persentase 43%. Sementara di posisi kedua ditempati oleh marketplace dengan persentase 16% dan di posisi ketiga disebut masih belum online.

Survei ini dilakukan pada 1.800 koresponden di 11 kota besar, antara lain Jakarta, Yogyakarta, Makassar, Surabaya, Medan, Palembang, Pontianak, Balikpapan, Semarang, Solo dan Denpasar. Berkaca dari hasil survei tadi, memang diakui media sosial masih menjadi platform favorit berjualan online.

Ketua Bidang Pajak Cybersecurity Infrastruktur idEA Bima Laga, mengatakan bila terjadi perlakuan yang berbeda mengenai kebijakan e-commerce dengan media sosial, maka akan membawa dampak yang buruk terhadap perkembangan e-commerce di Indonesia.


“Marketplace dibebankan menarik pajak dari penjual dan menyetornya. Kalau bisa aturan ini juga diterapkan di luar marketplace, seperti e-commerce,” ujarnya di D Lab, Jakarta, Selasa (30/1/2018).

Bilamana tidak begitu, maka dikhawatirkan akan terjadi shifting (pergeseran penjualan dari e-Commerce ke media sosial).  “Kita bisa mematangkan aturan ini secara berbarengan. Sehingga kalau aturan ini dikeluarkan, semuanya menjalankan. Di ekosistem juga lebih baik,” tuturnya.

Sebeneranya menurut hemat kami, selain Facebook, Instagram juga saat ini menjadi favorit penjual online untuk berjualan karena Instagram memiliki basis jumlah pengguna yang sangat besar dan menjadikan Instagram tempat yang dipilih untuk jualan online. (detik)

Lihat juga

Zukenburk

Pernyataan Lengkap Zuckerberg Soal Kebocoran Data Facebook

Jakarta – Setelah dinanti-nantikan, bos Facebook buka-bukaan mengenai apa yang sebenarnya terjadi dalam kasus penyalahgunaan data …