Home / Pendidikan / Ini yang Wajib Anda Tahu jika Bercita-Cita Kuliah ke Amerika Serikat!

Ini yang Wajib Anda Tahu jika Bercita-Cita Kuliah ke Amerika Serikat!

9219Pelajar Indonesia wajib bersaing ketat bila ingin melanjutkan pendidikan di Amerika Serikat (AS). Telah begitu, urusan anggaran juga wajib ada taktik mulai jauh-jauh hari, yang butuh dipersiapkan sejak berencana belajar ke sana.

Institute of International Education AS mencatat, 7.920 pelajar Indonesia melanjutkan pendidikan tinggi di negara itu pada tahun aliran 2013/2014. Angka ini naik menjadi menjadi 8.188 pada tahun aliran berikutnya, apalagi menurut Times Higher Education World University 2016, tujuh dari sepuluh perguruan tinggi paling baik dunia ada di AS.

Meski jumlah tersebut terkesan besar, proses seleksi untuk dapat belajar ke AS sebetulnya sangat ketat. Dengan cara nasional, persentase jumlah pelajar internasional di AS pada 2015 hanya lima persen.

Mayoritas perguruan tinggi di AS terbukti membatasi populasi pelajar internasional tidak lebih dari 10 persen. Para pelajar itu pun wajib bersaing dengan peminat dari tidak sedikit negara, untuk kursi yang terbatas itu. Dari 300 pelamar dari Indonesia, umpama, kemungkinan hanya dua orang hingga tiga orang saja yang diterima universitas di AS.


Tak hanya persaingan, para calon mahasiswa internasional juga wajib mempersiapkan anggaran lebih mahal untuk belajar di AS dibandingkan negara-negara lain di kawasan Eropa, Australia, alias Asia.

Pada tahun aliran 2014/2015 saja, anggaran kuliah di AS rata-rata mencapai 42.419 dollar AS per tahun alias setara kurang lebih Rp 563 juta menggunakan kurs saat ini. Nominal itu belum tergolong anggaran kebutuhan pangan, tempat tinggal, serta transportasi sehari-hari.

Tetapi, jangan berkecil hati. Ada tidak sedikit jalan menuju AS. Persiapan dengan modal kerja keras serta kemauan tinggi, dapat menjadi penentu lolos melanjutkan sekolah ke sana. Anggaran pun dapat ditekan seminimal mungkin dengan jurus yang sama.

THINKSTOCKPHOTOS Rencana Pendidikan butuh dirancang matang, apalagi apabila Kamu berniat melanjutkan studi ke AS. Kalau tidak, anggaran kuliah dapat melambung tinggi.
Hemat serta pangkas waktu

Perguruan tinggi di AS menerapkan sistem kredit alias Satuan Kredit Semester (SKS) yang bersifat fleksibel alias istilahnya dapat “ditransfer” ke institusi pendidikan lain. Pada awal perkuliahan biasanya mahasiswa disuguhkan mata kuliah umum terlebih dulu.

Nah, mata kuliah tersebut sebetulnya dapat “dicicil” di community college selagi dua tahun sebelum melanjutkan ke universitas yang dipilih. Tutorial ini dapat menghemat sertaa sebab anggaran kuliah di community college tidak semahal perguruan tinggi.

Contohnya, menamatkan program S-1 biasanya butuh 120 hingga 128 SKS serta kurang lebih 60 SKS dapat diambil di community college. Seusai 60 SKS terkumpul, mahasiswa bakal memperoleh gelar Associate Degree serta dapat melanjutkan studi ke universitas di AS selagi dua tahun untuk meraih gelar sarjana (S-1).

Sebagai fotoan, menyelesaikan 24 SKS di perguruan tinggi rata-rata memakan anggaran hingga 16.500 dollar AS. Jumlah SKS yang sama apabila ditempuh di community college hanya butuh sertaa kurang lebih 6.000 dollar AS. Sebab itulah, taktik di atas lumayan umum diperbuat di AS.

Data American Association of Community College pada 2012 menunjukkan, hampir setengah dari 12,4 juta mahasiswa yang terdaftar di 1.167 community college melanjutkan ke jenjang S-1 di perguruan tinggi AS.

Selain menghemat uang, mengawali kuliah dari community college juga terbuktikas waktu studi. Salah satu program di Sampoerna Academy yang adalah tahap dari Sampoerna Schools System di Indonesia, umpama.

Para siswa Sampoerna Academy yang sudah menyelesaikan kelas X dapat mendaftar ke community college asal AS, yaitu Lone Star serta Broward college. Tapi, tenang saja, perkuliahan masih diperbuat di Indonesia di bawah penglihatan dua community college tersebut. Jelas, anggaran kuliah pun sehingga lebih hemat.

Untuk info lebih lengkap tentang kesempatan tersebut, Kamu dapat mengunjungi “Sampoerna Academy and Sampoerna University Education Expo 2016” yang bakal berjalan mulai 26 September 2016 hingga 2 Oktober 2016 di Main Atrium, Gandaria City Mall, Jakarta.

 

Lihat juga

9279

Yohannes Surya, dari Fisika Menuju “Superpower” Dunia

Selasa, 11 Oktober 2016. Pagi itu, cuaca di Serpong, Tangerang Selatan, tampak bersahabat. Tidak panas, …