Home / Bisnis / Kini Hadir Layanan Kilat Pembukaan Rekening Bank

Kini Hadir Layanan Kilat Pembukaan Rekening Bank

Tyme DigitalDigitalisasi di sektor perbankan bisa mendorong terciptanya layanan cepat dan efisien. Waktu yang di perlukan saat pembukaan rekening bisa dipangkas hingga hitungan menit dengan platform digital.

Rata-rata dibutuhkan waktu sekitar kurang lebih 1 jam atau bahkan bisa saja lebih lama, belum lagi antri saat seseorang membuka rekening. Lamanya waktu karena calon nasabah harus mengisi formulir, fotokopi data, verifikasi data, pencatakan ATM, aktivasi internet banking dan mobile bangking.

Kerumitan, kekakuan  dan waktu yang lama dengan moteode konvesional selama ini dinilai menjadi faktor penyebab masyarakat enggan membuka rekening bank. Masalah ini dicoba dihilangkan oleh Bank Commonwealth (BC) dengan melakukan digitalisasi.‎

Digitalisasi dilakukan melalui platform yang disebut Tyme Digital. Dengan platform ini waktu pembukaan rekening yang memakan waktu 1 jam, dipersingkat menjadi hanya 10 menit saja.


‘Platform Tyme Digital cukup efisien dalam memangkas waktu,” ujar Head of Corporate Strategy & Dgital Solution BC Rian Kaslan,  dalam peluncuran Tyme Digital di Jakarta Rabu (2/8).

Melalui Tyme Digital, proses verifikasi data menjadi cepat karena tidak perlu lagi fotokopi KTP dan pengisian formulir panjang yang rumit, karena sistem ini telah terhubung dengan data base pada server Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kementraian Dalam Negeri.

Proses pembukaan rekening bank BC melalui Tyme Digital dilakukan secara end to end, mulai dari proses pengisian formulir, hingga keluarnya kartu ATM, dan semuanya dilakukan secara paperless.

Mesin Tyme Digital terdiri dari layar sentuh, POS, dan mesin ATM. Dengan alat mobile ini proses pembukaan rekening, bisa dilakukan di mana saja, seperti di mal, restoran, perkantoran dan tempat keramaian lainnya.

Karena ditempatkan di pusat keramaian, masyarakat tidak perlu lagi mendatangi kantor BC yang seringkali jauh dari lingkungan mereka. Agar semakin luasnya jaungkauannya, rencananya hingga 2018, Tyme Digital akan berada di 500 lokasi di seluruh Indonesia.

“Platform ini mendekati lokasi nasabah. Where you live, where you work, and where you play,” ujar Presiden Direktur Bank Commonwealth Lauren Sulistiawati.

Untuk membuka rekening calon nasabah hanya perlu nomor e-KTP, sebagai syarat mutlak. Selanjutnya calon nasabah hanya perlu menyetorkan uang deposit minimal 500.000 rupiah.

Dengan jumlah platform Tyme Digital yang tersebar 500 titik sampai akhir  2018 diharapkan jumlah nasabah baru bisa bertambah 50.000. Dengan jumlah cabang yang tidak telalu banyak dibandingkan Tyme Digital diharapkan efektif dalam mengerek jumlah nasabah BC.

Lauren mengatakan, digitalisasi perbankan akan bisa mendorong inklusif dan literasi keuangan keuangan yang masih rendah. Melalui platform digital bank bisa memberikan layanan, lebih baik dan efisien, selain lebih mudah mengedukasi masyarakat.

Di masa depan Tyme Digital akan dikembangkan menjadi tempat yang menyediakan layanan pinjaman BC. Layanan ini diharapkan dapat memberikan kemudahan baga para nasabah terutama yang mereka para usaha kecil dan menengah dalam mengembangkan usahanya.

“Platform Tyme Digital akan kami kembangkan terus, karena digitalisasi tidak akan pernah berhenti,” tutupnya. (Koran Jakarta)

Lihat juga

batam

Kirim Barang Keluar Batam Harus Lampirkan NPWP & Nota Belanja!

Bea dan Cukai (Custom) di Batam semakin ketat dan selektif terkait pengiriman barang keluar Batam. …