Home / Pendidikan / Mahasiswa Diminta Membuka Terobosan Jadi Pengusaha

Mahasiswa Diminta Membuka Terobosan Jadi Pengusaha

Pengusaha SuksesSekretaris Jenderal Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop-UKM), Agus Muharram meminta mahasiswa tak lagi berorientasi terhadap pencari pekerjaan saja namun juga membuka terobosan usaha seperti menjadi pengusaha

Ia berkata, ekonomi negara manapun bisa maju bila didukung iklim usaha yang baik. Iklim usaha yang baik sangat berkaitan dengan mentalitas berbisnis di kalangan generasinya.

“Maka itu, mahasiswa sebagai generasi penerus, wajib mempunyai orientasi yang luas yakni tak sekedar mencari pekerjaan namun juga membuka lapangan kerja,” katanya dalam sambutan Pembukaan Awal Perkuliahan di kampus Universitas Mercu Buana Jakarta, Senin.

Menurut dia, negara-negara maju mempunyai jumlah pengusaha yang sangat besar. Dengan jumlah pengusaha yang tak sedikit itu sanggup menyerap tenaga kerja tak sedikit. Akibat ekonominya pun terasa sangat cepat.


Hal tersebut, lanjut dirinya bisa pula terjadi di Indonesia. Apabila semua kalangan mudanya berorientasi sebagai pengusaha. Dengan mengembangkan sektor ekonomi riil jadi roda ekonomi nasional pun melaju pesat.

“Telah waktunya mahasiswa ini berpikir sebagai enterpreneur. Tak lagi sebagai pekerja,” ujarnya.

Apalagi sekarang pemerintah, tambah Agus Muharram, semakin memberbagi perhatian terhadap para pelaku usaha dan koperasi. Para mahasiswa bisa mengambil peran dalam kegiatan tersebut. Dengan mengembangkan usaha-usaha mandiri.

Peran pelaku usaha kecil dan menengah dan koperasi telah nyata memang. Pada saat krisis ekonomi berbagai tahun lalu, tak sedikit perusahaan besar yang wajib mengambil kebijakan ekstrem. Ssdangkan sektor usaha kecil dan menengah dan koperasi justru tumbuh pesat.

“Dari segi ini telah memang kalau pelaku usaha kecil dan koperasi turut ambil peran dalam ekonomi nasional. Maka kondisi itu bakal lebih baik apabila koperasi dan usaha kecil menengah mempunyai pelaku berpendidikan memadai,” ucapnya.

Rektor Universitas Mercu Buana Arissetyanto Nugroho meningkatkankan mahasiswa adalah andalan bangsa Indonesia. Kesuksesan memberbagi pendidikan yang memadai bagi mahasiswa menjadi aset menarik.

“Pendidikan memadai itulah menjadi tanggung jawab yang wajib sanggup diwujudkan Perguruan Tinggi. UMB berkomitmen mewujudkan tanggung jawab tersebut dengan mendidik 2.500 mahasiswa di tahun aliran ini,” ujarnya.

Sumber : Antara

Lihat juga

9279

Yohannes Surya, dari Fisika Menuju “Superpower” Dunia

Selasa, 11 Oktober 2016. Pagi itu, cuaca di Serpong, Tangerang Selatan, tampak bersahabat. Tidak panas, …