Home / Bisnis / Peluncuran Uang NKRI Baru Jadi Rekor Dunia

Peluncuran Uang NKRI Baru Jadi Rekor Dunia

9276Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Cabang Tasikmalaya, Wahyu Purnama berkata, pengeluaran uang baru setidak sedikit sebelas pecahan dengan cara langsung di Indonesia dapat menjadi rekor dunia.

Soalnya, selagi ini belum ada negara melewati bank sentralnya yang mengeluarkan uang baru berjumlah tak sedikit dengan cara sekaligus.

“Ini rekor dunia bagi negara melewati bank sentralnya yang mengeluarkan uang 11 pecahan sekaligus. Selagi ini baru Indonesia yang mengeluarkan pecahan uang baru yang jenisnya langsung 11 pecahan,” jelas Wahyu terhadap wartawan di kantornya, Jumat (6/1/2016).

Setidak sedikit 11 pecahan uang baru yang baru dikeluarkan oleh BI belum lama ini terdiri dari tujuh pecahan uang kertas serta empat pecahan uang logam. Seluruhnya berfoto pahlawan serta tersedia foto baru yakni foto Kesatuan Republik Indonesia.


“Juga tidak hanya ditandatangani oleh Gubernur BI, ada tanda tangan Menteri Keuangan juga,” kata dia.

Selama ini penyebaran 11 pecahan uang baru tetap disebarkan dengan cara bertahap. Tidak hanya menantikan pergantian uang lama dengan uang baru oleh warga ke kantor BI, penarikan uang lama diganti uang baru pun diperbuat dengan berbagai langkah sosialisasi lainnya.

“Meski uang baru dalam proses penyeberan, uang lama sebelumnya tetap berlaku serta dapat dipakai untuk transaksi keuangan pada umumnya,” kata dia.

Salah seorang pedagang di Pasar Cikurubuk, Kota Tasikmalaya, Mita Mularman (32), mengaku sebagian besar warga pasar telah mengenal adanya pecahan uang baru yang beredar.

Bahkan, berbagai pembeli telah ada yang menggunakan uang baru untuk bertransaksi di pasar.

Hal sama diungkapkan Ogi (35), salah seorang warga Tasikmalaya. Walau tetap tak sedikit yang menggunakan uang lama untuk bertransaksi.

Seluruh pecahan uang baru telah lebih dikenal oleh masyarakat di wilayah Tasikmalaya serta kurang lebihnya.

“Masih tak sedikit uang lama, tapi uang baru pun telah pada tahu,” ungkapnya.

sumber: Kompas TV

Lihat juga

batam

Kirim Barang Keluar Batam Harus Lampirkan NPWP & Nota Belanja!

Bea dan Cukai (Custom) di Batam semakin ketat dan selektif terkait pengiriman barang keluar Batam. …