Home / Dunia Islam / Peneliti Umumkan Penemuan Bersejarah di Masjid Memar Jeddah

Peneliti Umumkan Penemuan Bersejarah di Masjid Memar Jeddah

jadahKomisi Pariwisata serta Warisan Nasional Arab Saudi (SCTH) sudah memkabarhukan penemuan berumur 160 tahun di Masjid Memar. Penggalian arkeologi oleh tim khusus untuk restorasi serta rehabilitasi, menemukan sumur yang memasok masjid dengan air, serta saluran yang menyambungkan Ein Faraq dengan Masjid Memar.

Direktur SCTH Makkah Mohammad Al Omary berkata, pada awalnya mereka mengira sumur itu adalah tahap dari yayasan masjid. Tetapi, ujar dia, sumur berada lima meter dari segi timur Masjid Memar, serta seusai memindahkan tanah dari sumur barulah tim bisa menemukan air.

Al Omary membicarakan, sumur bersejarah itu mempunyai diameter 1,6 meter, dengan kedalaman tiga meter ke permukaan air. Sumur itu dibuat dari batu potong alias warga lokal mengetahuinya dengan sebutan Al Manqabi, yang kerap dipakai untuk membangun rumah di Jeddah pada masa lalu.

“Batu-batu ini berasal dari pantai, laut, serta kurang lebihnya,” kata Al Omary semacam dilansir dari Arab News, Rabu (11/1).


Al Omary memperkirakan, sumur ini mempunyai keterkaitan dengan kolam yang ada di kurang lebih serta biasa dipakai untuk wudhu. Mengingat penggalian tetap berjalan, Al Omary berpendapat, fasilitas lain yang terhubung ke Masjid Memar kemungkinan besar bakal lebih tak sedikit lagi ditemukan.

Terkatit hubungannya dengan Ein Faraq, Al Omary berkata, itu adalah sumber mutlak dari air Masjid Memar. Sedangkan, Masjid Memar sendiri adalah salah satu masjid tertua di Jeddah, serta terbukti sudah menjadi masjid bersejarah serta menjadi salah satu jantung kota Jeddah.

Sumber : Republik.com

Lihat juga

3.000 Orang Ikut Tabligh Akbar di Pulau Pramuka

Sekitar 3.000 jamaah mengikuti kegiatan Tabligh Akbar di Masjid Jami’Al Makmuriah Pulau Pramuka, Kecamatan Kepulauan Seribu, …