Home / Hiburan / Teuku Wisnu Ikut Aliran Sesat? Aliran Apa? Sini, Saya Jelaskan…

Teuku Wisnu Ikut Aliran Sesat? Aliran Apa? Sini, Saya Jelaskan…

Beberapa hari ini, saya lihat berita Teuku Wisnu menjadi trend di beberapa media online. Banyak yang bertanya-tanya, sebenarnya apa sih aliran yang dianut sama Teuku Wisnu sampai-sampai penampilannya berubah dratis begitu? Bahkan tidak sedikit yang curiga jikalau Teuku Wisnu ikut aliran sesat, termasuk istrinya sendiri yang pada awalnya juga sempat curiga. Ada juga berita yang saya baca di Detik.com ini bahwa Teuku Wisnu akan mengganti namanya, dan sudah direstui orangtuanya.

Tengku-Wisnu-Tuai-Kritik-Keras-Atas-Pernyataan-Kontroversialnya

Oke deh…
Saya merasa tergerak untuk memberbagi sedikit penjelasan disini. Sesuai performa saya serta yang saya pahami. Insya Allah, tak dengan pandangan sinis alias berpihak. Sebetulnya, pandangan-pandangan yang diikuti oleh Teuku Wisnu itu bukanlah aliran sesat. Pandangan-pandangan semacam telah ada di kalangan Salaf (pendahulu) umat ISlam ini. Makanya, apabilalau menonton guru Teuku Wisnu, yaitu UStadz Badrussalam, maka pandangan yang dianutnya merupakan pandangan Salafy, yang mempunyai radio serta tivi sendiri, yang namanya Rodja.
Saya tak lebih hapal channelnya di berapa. Silahkan Kamu searcching sendiri…

Salafy itu menisbahkan dia terhadap generasi Salaf, yaitu tiga generasi paling baik umat ini; zaman sahabat, zaman seusainya, serta zaman seusainya. Tetapi untuk klaim ini, saya rasa juga butuh didiskusikan. Karena pada hakikatnya, semua yang mengikuti tiga generasi tadi dapat dibilang “Salafy” juga. Muhammadiyah itu juga Salafy. NU juga salafy. Persis juga salafy. Serta begitu juga dengan kelompok serta organisasi ISlam lainnya, yang pemahamannya tak melenceng dari pakar sunnah wal jamaah.


Anda wajib dapat bedakan antara Aliran dengan Mazhab Pemikiran alias Dakwah
Ini yang wajib Kamu pahami dengan baik. Kamu wajib dapat membedakan mana yang aliran serta mana yang mazhab. Aliran itu biasanya bersenggolan dengan persoalan fundamental dalam sebuahagama. Apabilalau dalam Islam, ia menyentuh persoalan akidah. Contohnya, Ahmadiyah. Itu aliran, karena akidahnya berpersoalan serta telah keluar dari paham Pakar Sunnah wal JAmaah. Tetapi, apabilalau Muhammadiyah, NU, Salafy, serta sejenisnya, itu bukan aliran tapi Mazhab.
Oke…
Paham ya?!
Mazhab itu Ijtihad, yang berpangkal dari pemahaman terhadap nash-nash yang ada dari al-Quran serta Sunnah. Jadi, ia sama sekali tak bersentuhan dengan Aqidah. Ia bersentuhan dengan persoalan-persoalan yang sifatnya Furu’ (cabang).

Anda wajib paham bahwa aliran ISlam itu paling baik dua, yang sifatnya Tsabit (tetap) yang tak bakal berubah sepanjang zaman. Inilah Aqidah. Kemudian ada juga yang sifatnya Mutaghayyir (berubah) yang dapat berubah menyesuaikan diri dengan zaman, semacam persoalan-persoalan fikih serta metode dakwah. Nah, aliran itu menyentuh persoalan pertama, sedangkan mazhab itu menyentuh persoalan kedua.

Jadi, tidaklah benar kecurigaan yang menyebutkan bahwa Teuku Wisnu itu sesat. Itu sangat salah sekali.

Lihat juga

8 (1)

Menyimak Aksi Simple Plan di Jakarta

Jakarta – Di tengah mimpi besar Green Day untuk menghancurkan Punk Pop di tahun ini, band …