Home / Bisnis / 10 Tips untuk Entrepreneur Pemula

10 Tips untuk Entrepreneur Pemula

entrepreneur pemulaMenjadi entrepreneur di usia muda adalah dambaan sebagian besar kita. Hanya saja, proses untuk mencapai level tersebut tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Ada tak sedikit faktor yang mesti diperhatikan sejak bagaimana mengawali suatu usaha, bagaimana mengelola lalu mengembangkannya menjadi bisnis yang produktif serta kompetitif, serta hal-hal penting lainnya.

Nah ada 10 faktor penting yang mesti diketahui oleh seorang wirausahawan (entrepreneur) yang baru mengawali usaha. Apa saja itu?

Fokus. Fokus serta Fokus!

Tidak jarangkali seorang entrepreneur pemula seakan tak sabar untuk ‘mengambil’ semua peluang bisnis yang ada. Padahal sebagaimana diketahui, peluang rutin tampil bak serigala berbulu domba, serba tak pasti.

Melakukan beberapa tipe usaha pada saat bersamaan bukan hanya membutuhkan tak sedikit sumber daya, melainkan juga bakal membagi fokus kamu, boleh jadi semua yang telah kamu rintis sebelumnya akan mengalami sejumlah kegagalan.

Sebaiknya lakukan satu langkah dengan cara sempurna, daripada membikin 10 langkah yang tak berhasil sempurna. Apabila kamumerasa butuh untuk meloncat ke proyek lain, sebaiknya itu adalah ide bisnis kamu sendiri, jangan mudah terpengaruh dengan ide bisnis orang lain sebelum kamu sangatlah telah eksis dengan bisnis saat ini. Misalnya apabila kamu usaha jual beli mesin fotocopy murah, usahakan anda fokus di bidang tersebut mulai dari seluk beluk mesin mulai dari mencari suplier, mempromosikan, sampai cara memperbaiki mesin dan pelayanan kepada customer

Tahu Apa yang Kamu Lakukan, serta Lakukan Apa yang Kamu Tahu

Jangan mengawali bisnis hanya sebab kelihatannya bagus alias memperkenalkan margin keuntungan yang besar serta cepat balik modal. Lakukan apa yang kamu cintai bersama orang-orang yang kamu sayangi. Bisnis yang dibuat dengan kekuatan serta bakat yang kamu miliki bakal mempunyai peluang lebih besar untuk berhasil.

Hal ini tak hanya penting untuk menciptakan bisnis yang menguntungkan serta tetap produktif, tetapi juga penting bahwa kamu bahagia mengelola serta tumbuh hari demi hari bersama bisnis Anda. Apabila hati Kamu tak di dalamnya, yakinlah saja Kamu tak bakal berhasil.

Kuasai 100% Konsep Bisnis Anda

Kuasailah konsep bisnis Anda. Faktor ini sangat penting, khususnya apabila bisnis Kamu membutuhkan bantuan investor alias kerja sama dengan pihak lain. Apabila Kamu tak bisa memaparkan bisnis Kamu dengan cara gamblang, yakinlah tak bakal ada investor yang berminat berinvestasi bersama Anda.

 

Bertindaklah Dengan cara Sederhana

Lupakan kantor megah, mobil mewah alias faktor lain yang mengfotokan ‘status sosial’ Kamu sebagai entrepreneur berhasil. Semua faktor tersebut pada gilirannya bakal menghampiri Anda, tetapi bukan sekarang.

Saat ini, Kamu harus mengenal cash flow bisnis Kamu serta memastikannya berlangsung dengan cara positif. Apabila cash flow bisnis Kamu tak berlangsung dengan benar, maka yakinlah bisnis Kamu bakal segera beres.

Belajarlah dari Kegagalan

Tidak ada bisnis ataupun rencana bisnis yang bisa memprediksi masa depan alias sepenuhnya mempersiapkan Kamu untuk menjadi pengusaha berhasil. Tak ada rencana yang sempurna.

Jangan melompat langsung ke bisnis baru tanpa pikiran yang matang alias perencanaan yang baik, tetapi jangan pula menantikan terlalu lama untuk mengeksekusi suatu peluang bisnis.

Yang terpenting yang bisa Kamu lakukan adalah belajar dari kesalahan Kamu – serta jangan sempat membikin kesalahan yang sama dua kali.

Berhematlah!

Ya, ini benar. Apabila Kamu baru mengawali suatu bisnis, yakinlah tak bakal ada investor yang mau menolong Kamu begitu saja. Temukanlah cara untuk membuktikan model bisnis Kamu dengan biaya yang hemat. Apabila konsep Kamu berhasil, peluang Kamu untuk menambah modal dari investor dengan cara dramatis bakal meningkat dengan sendirinya.

Jaga Kesehatan

Anda bakal jauh lebih produktif apabila dalam keadaan sehat. Entrepreneur itu gaya nasib, bukan pekerjaan yang harus menyita 80% waktu Anda. Makanlah yang benar, olahragalah dengan cara teratur serta sisihkan waktu untuk diri sendiri serta keluarga Anda.

Jangan Terlalu Banyak Mengumbar Kata

Yang terpenting adalah ACTION, bukan kata-kata. Jangan terlalu tak jarang mengumbar rencana bisnis tanpa perbuatan yang nyata.

Jangan terlalu membangga-banggakan prestasi yang diraih sementara ini, saat tujuan bisnis Kamu tetap sangat jauh di depan. Intinya, siapkan segala sesuatunya dengan baik, tak butuh tak sedikit bicara!

Tahu Kapan Saatnya Berhenti…

Seorang kapten yang pintar tak bakal tenggelam dengan kapalnya. Jangan lakukan hal-hal bego hanya untuk kepentingan ego alias untuk membuktikan terhadap orang lain bahwa Kamu juga bisa membikin bisnis. Apabila ide bisnis Kamu tak berlangsung dengan baik, renungkan apa yang salah serta kesalahan yang telah dibuat.

Evaluasi 

Lakukan evaluasi setidaknya setiap bulan. Tentukan bagaimana Kamu bakal menggunakan hal-hal yang susah untuk bisa lebih baik untuk masa depan bisnis Anda. Kegagalan terbukti tak bisa dihindari, tetapi seorang pengusaha sejati bakal rutin berhasil melalui setiap kesusahan yang ada!

Update Proyek Tol Kunciran Serpong

Lihat juga

1.000 Wirausahawan Muda akan Ikuti Akademi Instagram

  Melihat fenomena bisnis anak muda yang terus berkembang, media sosial Instagram luncurkan akademi Instagram. …