finansialMungkin tak sedikit orang yang rasio keuangannya sebetulnya bermasalah. Cuma, tak sedikit juga orang yang tak menyadari faktor tersebut. Ada tutorial gampang untuk tahu apakah rasio keuangan sedang bermasalah. “Apabila seseorang kesusahan mencukupi target-target keuangannya maka ia wajib berbenah dengan cara diet,” kata Eko Endarto, perencana keuangan Finansia Consulting.

Selain itu, coba periksa juga barang-barang Anda, khususnya yang baru saja kamu beli dalam setahun terbaru. Apakah kamu menemukan barang yang nyatanya jarang terpakai? Apakah menemukan tak sedikit makanan di kulkas yang tak termakan?

Kalau kamu menjawab pertanyaan-pertanyaan tadi dengan jawaban ya, berarti kamu butuh mulai diet finansial. Apalagi kalau tagihan kartu kredit kamu telah mulai menumpuk dan kamu mulai kesusahan membayar. “Gejala-gejala tadi sehingga sinyal untuk segera diet,” kata Mike Rini, CEO Mitra Rencana Edukasi Financial & Business Advisory.

Supaya diet dapat berhasil, jangan sembarang menyusun program. Sama semacam diet kesehatan, Kamu tak dapat hanya sekadar berlapar-lapar mengurangi makan. Alih-alih sehat, kamu malah dapat sehingga kelaparan dan sakit.

Begitu pula dengan diet finansial. Kamu butuh melengkapi diri dengan riset. Supaya target-target keuangan yang Kamu susun tercapai, Kamu butuh riset instrumen investasi yang tepat dengan profil risiko dan tujuan keuangan Anda.

Bagaimana mengenal diet keuangan yang diperbuat berhasil? “Indikatornya merupakan sasaran yang ditentukan tercapai,” ucap Mike. Untuk memastikan sasaran tercapai, Kamu juga butuh meperbuat evaluasi selalu program diet Anda.

Sumber : Kontan
Gambar : Okezone

Iklan Mesin Fotocopy