Ada saat nya kita memiliki video yang tidak semua bagian pada video tersebut ingin kita pakai, misalnya saja pada bagian tertentu ingin kita potong dan buang karena tidak sesuai dengan keinginan kita.

Selain itu, ada beberapa platform yang memang hanya mengizinkan video dengan pajang durasinya 1 menit, misalnya seperti Instagram. Maka apabila video kita berdurasi lebih dari itu, mau tidak mau harus di sesuaikan terlebih dahulu sebelum kita upload.

Tentunya, memotong video harus membutuhkan bantuan Aplikasi Pemotong Video agar kita bisa menentukan bagian mana saja yang ingin di potong dan bagian yang lain di pertahankan.

Baru setelah kita sesuaikan, kita tinggal upload ke Sosial Media.

Aplikasi Pemotong Video di PC

1. Bandicut

Aplikasi Bandicut

Bandicut adalah aplikasi pemotong video dan juga menggabungkan video yang di klaim super cepat dengan antarmuka yang mudah digunakan.

Dengan Bandicut memungkinkan pengguna untuk memotong bagian video dengan cepat sambil menjaga kualitas video asli.

Pengguna juga dapat mengekstrak audio dari video ke MP3, menggabungkan beberapa file video, menghapus satu atau lebih bagian dari video, atau membagi video menjadi beberapa file.

2. OpenShot

OpenShot

OpenShot adalah editor video gratis dan open source yang berhasil memenangkan penghargaan untuk Linux, Mac, dan Windows. OpenShot  bisa membuat video dengan efek video yang menarik, judul, trek audio, dan animasi.

Baca juga : Mengapa Bisnis Butuh Media Sosial?

OpenShot Video Editor dirancang agar mudah digunakan, cepat dipelajari, dan editor video yang sangat powerfull. Ini adalah beberapa fitur andalan dari OpenShot diantaranya Cross-Platform, Trim & Slice, Animation & Keyframes, Unlimited Tracks, Video Effects dan Audio Waveforms.

3.Lightworks

Lightworks

Lightworks adalah aplikasi dengan paket pembuatan video lengkap. Selama lebih dari 25 tahun, video editor Lightworks telah berada di garis depan dalam pengeditan film.

Lightworks telah digunakan pada banyak film terbaik dalam sejarah perfilman diantaranya The Wolf of Wall Street, LA Confidential, Pulp Fiction, Heat, Road to Perdition, Hugo, The King’s Pidato dan banyak lagi!

Sekarang dengan rilis Lightworks terbaru, telah di dukung untuk membuat paket kreatif video lengkap sehingga semua orang dapat membuat video yang bagus.

Lightworks dapat kamu gunakan baik dalam membuat video untuk media sosial, YouTube atau untuk proyek film 4K, Lightworks memungkinkan semuanya!

Setelah kita membahas aplikasi pemotong video untuk PC, selanjutnya kita akan membahas aplikasi pemotong video untuk Android ya.

Aplikasi Pemotong Video di Android

1. Viva Video

Viva Video

VivaVideo adalah Video Editor dan Pembuat Video Gratis untuk Android. Kamu bisa juga melakukan Edit Video untuk konten YouTube, TikTok & Instagram.

Kamu bisa membuat video, potong video, pangkas video, gabung video dan musik, edit foto mejadi video, menambahkan teks di video, filter video, efek video, kontrol kecepatan & sebagainya.

Oh iya, Viva Video berhasil menjadi Aplikasi pengedit video GRATIS No.1 di 100 negara di dunia loh!

Selain itu, VivaVideo juga merupakan “Aplikasi Editor Video Gratis Terbaik” untuk Android menurut Bloger Android ternama.

Keren ya VivaVideo 🙂

2. FilmoraGo

FilmoraGo

FilmoraGo merupakah aplikasi editor video yang cantik serta powerfull, yang tidak akan memberikan watermark atau memberikan batas waktu penggunaan pada video kamu.

Dengan FilmoraGo, kamu bisa membuat video dengan musik dan efek, FilmoraGo juga dapat membantu kamu membuat video-video lucu dan sekedar menghidupkan kembali kenangan kamu melalui video.

Dan video-video yang sudah di edit kamu dapat dengan mudah dibagikan ke teman-teman kamu di Youtube, Instagram, Facebook, WhatsApp, dan lainnya.

Fitur Utama FilmoraGo :

  • Impor foto dan klip video
  • Preview klip secara Real-time
  • Mendukung impor dari Facebook dan Instagram
  • Pilihan tema keren
  • Tambah musik dari library lagu berlisensi FilmoraGo
  • Gunakan musik dari perangkat kamu sendiri
  • Dll

3. KineMaster

Aplikasi Pemotong Video Terbaik

KineMaster merupakan editor video untuk Android dengan fitur yang cukup lengkap. KineMaster juga memiliki tools canggih yang mudah digunakan, seperti layer video, mode campuran, kontrol kecepatan, transisi, terjemahan, efek khusus, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa gunakan KineMaster untuk membuat konten video YouTube, TikTok, dan Instagram. KineMaster banyak digunakan oleh jurnalis, pendidik, pemasar, dan vlogger untuk membuat video kebutuhan profesional!

KineMaster juga menyediakan versi Gratis dan Berlangganan. Dengan langganan kamu dapat semua tool pengeditnya termasuk ekspor dengan resolusi tanpa batas hingga 4K dan hasil akhir video tanpa watermark.

Itulah beberapa aplikasi pemotong video terbaik yang dapat kamu gunakan pada PC dan Android. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, kamu dapat memaksimalkan hasil dari video yang telah kamu buat.

Iklan Mesin Fotocopy