Home / Teknologi / Apple Jadi Smartphone Terpopuler Gen Y di Indonesia

Apple Jadi Smartphone Terpopuler Gen Y di Indonesia

Apple Pilihan Gen Y IndonesiaJakarta – Siapa tidak kenal iPhone besutan Apple? Dunia mengakuinya, termasuk Indonesia. Hal ini terbukti lewat hasil survei Asiawide dan Brand Alliance terhadap Gen Y di Indonesia tentang nama-nama merek populer pilihan Gen Y Indonesia.

Melalui keterangan resmi yang diterima, Senin (25/6/2016), Apple menjadi merek smartphone yang paling terkenal di kalangan generasi Y.

Sedangkan pada peringkat ke-2 diduduki smartphone Android milik Samsung, disusul Sony, Nokia, dan LG. Sementara untuk merek laptop yang terkenal, hasil survei mencatat ada berbagai merek seperti Apple, Lenovo, Vaio, HP, dan Asus.

Untuk kamera, Gen Y di Indonesia memilih merek-merek seperti Canon, Nikon, Sony, Olympus, dan Fuji Film sebagai merek yang paling terkenal.


Adapun survei ini sebetulnya dilakukan di pasar Asiawide di 5 negara, yakni Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Tiongkok. Dalam menentukan merek ternama, survei dilakukan secara langsung dan via online.

Dibandingkan dengan Gen Y di negara lain di Asia, merek produk ternama pilihan Gen Y Indonesia memamerkan kualitas dasar dan menempatkan tagline sebagai cara untuk menarik pembeli. Sedangkan di Tiongkok, cenderung mempertimbangkan produk bermerek dan desain kemasan sebagai simbol identitas diri.

Dosen Manajemen Universitas Tarumansupayaa Arnold Japutra menyatakan, Gen Y di Indonesia memilih produk bermerek internasional dan nasional. “pilihan ini sangat dipengaruhi oleh kategori produk tersebut, misalnya di kategori mobil, handphone, dan laptop, hanya sedikit yang memilih produk buatan Indonesia. Banyak lebih memilih merek internasional,” kata Arnold.

Sementara itu, hasil survei juga mengungkap bahwa untuk e-Commerce atau pasar online, merek lokal tetap menjadi pilihan bagi Gen Y Indonesia. Berbagai merek e-Commerce yang dipilih di antaranya adalah Bukalapak, OLX, Tokopedia, dan Kaskus.

Direktur Taktik Influential Brands Jorge Rodriguez mencatat bahwa merek produk lokal dan nasional sudah muncul menduduki puncak dalam kategori survei Gen Y di Asia.

“Meskipun fakta globalisasi sudah membuat lebih banyak orang menunjukkan preferensi merek internasional, survei ini juga menunjukan adanya keterbukaan Gen Y terhadap produk lokal dan nasional. Artinya, terlihat ada kebanggaan nasional,” katanya seperti tertulis pada keterangan resmi.

Lihat juga

Zukenburk

Pernyataan Lengkap Zuckerberg Soal Kebocoran Data Facebook

Jakarta – Setelah dinanti-nantikan, bos Facebook buka-bukaan mengenai apa yang sebenarnya terjadi dalam kasus penyalahgunaan data …