Asal mula virus corona yang saat ini dunia sedang di gemparkan dengan informasi dan pemberitaan tentang Wabah Penyakit Corona yang di sinyaril sudah mulai menyebar ke beberapa Negara di Dunia, termasuk juga di negara tercinta Indonesia.

Ini menjadi perhatian serius bagi pemerintah setiap negara agar virus ini tidak semakin banyak menyebar ke masyarakat, berbagai upaya pun sudah mulai di lakukan diantaranya menutup akses darat ke daerah asal virus, menutup akses penerbangan, dll.

Asal Mula Virus Corona

 

Asal Mula Virus Corona

Dilansir dari situs resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), awalnya terjadi pada tanggal 31 Desember 2019, WHO diberitahu tentang beberapa kasus pneumonia di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Cina.

Virus ini tidak cocok dengan virus lain yang dikenal. Ini menimbulkan kekhawatiran karena ketika virus baru, kita tidak tahu bagaimana virus itu dapat menyebar kepada orang.

Satu minggu kemudian, pada 7 Januari, otoritas Cina mengkonfirmasi bahwa mereka telah mengidentifikasi virus baru. Virus baru adalah coronavirus, yang merupakan keluarga virus yang mencakup flu biasa, dan virus seperti SARS dan MERS. Virus baru ini untuk sementara bernama “2019-nCoV.”

WHO saat telah bekerja dengan otoritas Cina dan pakar global sejak mereka diberitahu, untuk mempelajari lebih lanjut tentang virus.

Bagaimana hal itu mempengaruhi orang-orang yang sakit di sebabkan virus corona, bagaimana mereka dapat dirawat, dan apa yang dapat dilakukan oleh negara-negara untuk merespons.

Karena ini adalah coronavirus, yang biasanya menyebabkan penyakit pernapasan, WHO memiliki saran untuk orang-orang tentang cara melindungi diri mereka sendiri dan orang-orang di sekitar mereka dari penyakit tersebut.

Cara Pencegahan Virus Corona

WHO memberikan rekomendasi dan saran bagi masyarakat umum untuk mengurangi penyebaran dan penularan berbagai penyakit adalah sebagai berikut, yang meliputi kebersihan tangan dan pernapasan, dan praktik makanan yang aman:

  • Sering-seringlah membersihkan tangan dengan sabun dan air berbasis alkohol
  • Ketika batuk dan bersin, tutup mulut dan hidung dengan siku tertekuk atau tisu – segera buang tisu dan cuci tangan
  • Hindari kontak dekat dengan siapa pun yang menderita demam dan batuk
  • Jika Anda menderita demam, batuk, dan sulit bernapas, cari perawatan medis lebih awal dan bagikan riwayat perjalanan sebelumnya dengan penyedia layanan kesehatan Anda
  • Ketika mengunjungi pasar di daerah yang saat ini baru saja mengalami kasus virus corona, hindari kontak langsung tanpa perlindungan dengan hewan atau bersentuhan dengan hewan hidup
  • Bagi anda yang suka konsumsi produk hewani mentah atau setengah matang harus dihindari untuk saat ini sampai nanti keadaan membaik
  • Daging mentah, susu, atau organ hewani harus ditangani dengan hati-hati, untuk menghindari kontaminasi silang dengan makanan mentah, sesuai praktik keamanan pangan yang baik

Pencegahan Virus Corona

Sekarang kita sudah mengetahui beberapa saran yang di berikan oleh WHO, kewajiban kita saat ini adalah mematuhinya demi keselamatan dan kesehatan diri kita dan keluarga.

Lindungi diri Anda dan orang lain agar tidak sakit!

Apabila keluarga anda mengalami gejala sakit flu, batuk, demam dan sesak nafas segera bawa ke rumah sakit terdekat agar segera langsung di tangani oleh dokter agar mengetahui penyebabnya, jangan sampai terlambat karena khawatir ternyata terkena serangan penyakit dari Virus Corona.

Iklan Mesin Fotocopy