0053090IRC1780x390Otomania – Banyaknya produk sepeda motor khususnya di kelas Skutik dan sport yang memakai ban tubeless atau tanpa ban dalam, membuat kepopuleran ban ini semakin naik. Walau tidak dapat dipungkiri ban tipe tubetype atau dengan ban dalam juga masih mempunyai pasar yang lumayan besar.

Hal ini disampaikan Baharijanto, Senior Brand Manager Motorcycle Tire PT Gajah Tunggal Tbk,kepada Otomania, di sela-sela agenda nonton bareng komunitas, Jumat (25/3/2016).

Tahun ini pasar tubeless digambarkan bakal meningkat. Ini dikarenakan produk sepeda motor yang sedang populer di pasaran memakai ban tipe ini. Jika dibandingkan dengan tahun lalu porsi pemakaian ban tubeless tahun ini akan naik,” terang Baharijanto.

Tahun lalu pangsa pasar tubeless sebanyak 18 sampai 19 persen dari keseluruhan pasar. Tahun ini diperkirakan akan semakin tumbuh sampai di kisaran 20 persen dari seluruh pangsa pasar ban. Ban tipe tubetype tetap merajai pasaran walau sedikit demi sedikit pasarnya menurun dengan penurunan model sepeda motor yang memakai ban tipe ini.

Pasar IRC sendiri sekarang masih dikuasai oleh tubetype. Market tubeless khususnya untuk pasar replacement atau pergantian ban setelah bawaan standar masih belum dapat menyaingi tipe tubetype yang digunakan pada sepeda motor bebek atau underbone.

Dari model baik IRC maupun Zeneos bakal mengarahkan pada pengembangan produk yang menawarkan satu tipe ban, tubetipe saja atau tubeless saja. Ini karena model IRC serta Zeneos mempunyai opsi tipe ban tubetype serta tubeless di setiap modelnya. Pilihan bagi konsumen bakal disederhanakan supaya tidak membingungkan,” ucap Baharijanto.

Iklan Mesin Fotocopy