treksepeda.com

Keindahan lereng gunung Salak tepatnya di kawasan Cihideung Bogor Jawa Barat sedikit berbeda dengan kehadiran para penghobi sepeda downhill, puluhan pecinta olahraga extreme ini dengan semangat mengikuti fundrais yang diadakan oleh sebuah komunitas bernama “Downhill Freak” pada hari Minggu lalu.

Nuansa alam yang indah namun disertai medan turunan yang berbahaya menuntut para peserta memiliki keterampilan khusus dan ekstra waspada dengan kondisi lintasan, dalam race kali ini dibuat aturan yang cukup unik di mana klasifikasi kelas disesuaikan dengan berat badan.

Berbeda dengan race pada umumnya yang dibagi berdasarkan umur dan prestasi, selain itu dibuat pula aturan jika peserta pria memiliki catatan waktu lebih rendah dari peserta wanita maka peserta pria harus dihukum dengan wajib menggunakan konde dan daster.

“Yang serunya dari rice ini adalah lain daripada yang lain, biasanya kan dibagi per kelas umur ya, kalau di sini dibagi Per berat badan, yang kelas berat, menengah dan kelas bulu, berhubung kita cewek-cewek jadinya masuknya kelasnya paling bawah, paling ringan, ya masuknya kelas bulu lah.”

kecepatan yang dipacu para penyuka adrenalin ini bisa mencapai 50km per jam, untuk itu tak hanya nyali dan keterampilan saja yang memperlancarkan pelindung tubuh dan juga kepala mutlak diperlukan.

Setelah rem dan suspensi sepeda harus dalam kondisi prima karena tak sedikit para peserta bernasib sial karena menyepelekan fungsi parts sepedanya.

Olahraga ini dinilai dari segi kecepatan, maka siapa yang cepat mencatatkan waktu dalam melewati setiap obstacle hingga finish, akan keluar sebagai juara dalam pertandingan.

Gebyar HUT Tangsel