Saat sedang mendesak dan butuh mencetak cepat, ternyata printer sedang dalam keadaan offline. Apa yang dimaksudkan dengan kondisi offline disini?

Printer offline menandakan jika kondisi printer sedang tidak dapat digunakan mencetak. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan printer menjadi offline, seperti out of paper, paper jam, gangguan pada konektivitas kabel printer, driver printer yang belum terinstall dan masih banyak lainnya.

Cara Mengatasi Printer Offline

Jika anda mengalami masalah seperti ini,  cara mengatasi printer offline dibawah ini bisa anda coba.

Cara Mengatasi Printer Offline Dengan Mudah

Pastikan Kabel Printer Dalam Kondisi Baik & Dipasang Dengan Benar

Bisa jadi, status printer anda offline disebabkan karena kabel printer yang rusak, putus atau karena kondisinya yang sudah tidak baik akibat termakan usia.

Karena itulah printer tidak mau bekerja dan mencetak. Begitu pula dengan pemasangan kabel printer yang tidak tepat juga bisa menyebabkan hal yang sama. Untuk itu, pastikan kembali jika kabel printer yang dipasang sudah benar dan dalam kondisi baik

Bersihkan Kertas di Printer

Hal ini bisa dilakukan saat ada notifikasi mengenai Paper Jam, yang mana ini menunjukkan bahwa ada kertas yang menyangkut dalam printer anda. Perhatikan pula bentuk keras, jika masih berbentuk lembaran maka cukup ditarik saja.

Namun yang menjadi permasalahan adalah saat kertas sudah tidak beraturan, maka anda perlu untuk membongkar printer sehingga kertas bisa diambil. Namun ingat perlu diperhatikan untuk berhati-hati saat mengambil kertas jangan sampai mencongkelnya.

Tambahkan Kertas Pada Printer

Hal ini dilakukan saat anda sedang mencetak dokumen dan muncul notifikasi “Out of Paper”, ini menunjukkan jika kertas yang ada dalam printer habis dan printer tidak bisa bekerja.

Untuk mengatasi masalah ini maka anda harus cepat mengisi kertas printer. Namun habis atau tidaknya keras pada printer berjenis shared akan lebih sulit terdeteksi.

Baca juga : Ukuran Foto 3×4 (dalam cm, mm dan inch) Sesuai Standar

Mengisi Tinta Printer

Tak jarang tinta printer juga menjadi permasalahan yang menyebabkan printer berstatus offline. Saat tinta printer habis, maka secara otomatis ini akan membuat printer menjadi offline.

Karena itulah sebaiknya tak perlu menunggu hingga tinta benar-benar habis, saat mencapai limitnya akan lebih baik untuk segera diisi, Membiarkan tinta benar-benar kosong bisa merusak bagian cartridge.

Update / Install Ulang Driver Printer

Langkah selanjutnya adalah memastikan apakah driver printer yang digunakan sudah terinstall. Kemudian cek printer apakah membutuhkan update driver atau tidak. Jika permasalahan dikarenakan driver printer yang corrupt, maka anda dapat mengatasinya dengan install ulang driver printer yang anda gunakan.

Istirahatkan Printer Sejenak

Sama halnya seperti manusia, printer juga membutuhkan waktu istirahat ketika sudah melakukan berbagai aktivitas. Ada kalanya printer anda harus beristirahat sejenak, setelah itu bisa dilakukan print namun secara bertahap. Jangan memaksakan kinerja printer terus menerus yang malah mengakibatkan penurunan pada kinerja printer

Memperbaiki Printer

Ini solusi terakhir yang bisa dilakukan saat printer masih offline. Ini bisa terjadi akibat hardware printer yang mengalami kerusakan, baik disebabkan karena pemakaian yang tidak baik atau karena usia pemakaian. Karena itulah printer harus diperbaiki terlebih dahulu

Biasanya setelah permasalahan diatas terselesaikan, secara otomatis printer bisa langsung menjadi online dan siap digunakan. Namun jika printer masih tetap offline setelah cara-cara diatas sudah anda lakukan, maka anda harus mengubahnya secara manual.

Untuk bisa mengubahnya, anda bisa mengakses control panel. Pada masing-masing OS Windows mungkin akan berbeda letak dari status online atau offline printer dalam control panel juga akan berbeda. Untuk itu bisa disesuaikan dengan OS Windows yang anda gunakan.

Iklan Mesin Fotocopy