Menghapus instalasi aplikasi yang tidak diinginkan adalah salah satu tugas paling umum dan penting yang dilakukan semua pengguna laptop dan pc.

Mungkin di laptop anda saat ini banyak aplikasi pihak ketiga yang sudah tidak pernah digunakan lagi dan sudah tidak ada manfaatnya. Dan bisa jadi aplikasi tersebut bisa memperlambat kinerja laptop Anda.

Biasanya banyak pengguna yang membuangnya ke Recycle Bin, namun jelas cara itu tidak akan menyelesaikan masalah. Tapi jangan khawatir dalam artikel ini kami akan menawarkan cara termudah untuk menghapus aplikasi yang tidak diinginkan dari komputer Windows 10 Anda.

Caranya sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Windows versi sebelumnya. Baik itu Windows 7 dan Windows 8, ada satu cara mudah untuk menghapusnya.

Berikut Cara Uninstal Aplikasi di Laptop Windows 10 :

Cara Uninstal Aplikasi di Laptop Windows 10

1. Buka Start Menu
cara uninstal aplikasi di laptop windows 10

2. Lalu klik Menu Settings

cara uninstal aplikasi di windows 10

3. Klik System pada menu Settings

cara uninstall aplikasi yang tidak bisa di uninstall

4. Pilih Apps & features dari panel sebelah kiri

cara uninstall aplikasi di pc

5. List semua aplikasi yang terinstal akan muncul di panel sebelah kanan

cara uninstal aplikasi di komputer

6. Klik Uninstall button yang muncul (Jika disana tampil warna abu, berarti itu aplikasi sistem dan tidak bisa di hapus)

7. Klik Uninstall pada tombol pop up untuk konfirmasi penghapusan aplikasi

cara uninstal aplikasi di pc windows

Baca juga : Pengertian Email, Fungsi dan Cara Kerjanya

Kesimpulan

Menghapus aplikasi dari komputer Windows 10 memang sedikit membutuhkan waktu dari pada drag and drop seperti halnya memasukan file atau folder ke Recycle Bin.

Setiap aplikasi memerlukan sejumlah file yang dipasang di dalam sistem operasi untuk mendukungnya. File-file pendukung ini lokasinya bervariasi tergantung pada jenis dan kerumitan perangkat lunak.

Oleh karena itu cara menghapusnya juga berbeda untuk memastikan semua komponen perangkat lunak sepenuhnya terhapus dari komputer Anda.

Memang ada beberapa aplikasi yang Microsoft ingin Anda tetap anda menginstalnya (seperti Xbox, Mail, Calendar, Calculator dan Store.)

Di Windows 10, beberapa di antaranya dapat dihapus menggunakan PowerShell. Meskipun metode ini tidak mengharuskan Anda untuk mengedit registri Anda, Anda harus tetap berhati-hati ketika Anda menghapus aplikasi ini.

Untungnya untuk sebagian besar program di Windows, cara uninstal aplikasi di laptop cukup mudah seperti yang sudah kami uraikan diatas.

Semoga bermanfaat 🙂

Iklan Mesin Fotocopy