Sawah Kekeringan

Foto : Sindo

Belasan ribu hektar sawah di 3 Desa Kecamatan Cibarusah Bekasi Jawa Barat dilanda kekeringan akibatnya petani terancam gagal panen karena padi yang mereka tanam nyaris mati.

Kondisi telah mengering hingga terjadi retakan-retakan dipermukaan sawah. Petani semakin terpuruk lantaran irigasi juga turut mengering sehingga tidak bisa mengalirkan air di sawah sawah mereka.

“Jaraknya juga lumayan sih kalau kita mau nyedot juga Bang, ada sekitar 6 kiloan kejauhan. Nyampe 15.000 hektare (yang terkena dampak kekeringan)” ungkap Dede Supriyadi, salah satu petani yang terkena dampak kekeringan.

Sementara itu bencana kekeringan di kawasan perbukitan Kapur Kabupaten Tuban, Jawa Timur terus meluas. Kekeringan sejak dua bulan terakhir menyebabkan tanaman cabai siap panen mati mengering.

Para petani cabai rugi hingga Rp5.000.000 per hektar lahan garapan. Bahkan mereka membakar cabe kering rusak sebagai bentuk kekecewaan atas kerugian yang ditimbul

“Karena musim kemarau pak ya sudah 2 bulan ini tidak ada hujan akhirnya cabe nya mengering dan yang berbuah ini semakin mengering apalagi ditambah harga cabe pak dari kemarin puasa itu cuman 3000, 4000 sampai 8000 saja per kilo. Dan ami sebagai petani pun sangat merugi pak dengan adanya ini” ungkap Wawan, petani cabe.

Musim kemarau diprediksi masih akan terus berlangsung hingga bulan November mendatang. Petani berharap pemerintah turut membantu untuk memberikan langkah-langkah penanggulangan dari dampak kemarau panjang.

Wisata Taman Kota 2 BSD