setnov3Jakarta – Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Setya Novanto menyebutkan, partainya bakal mengawal akselerasi reforma agraria yang sudah dicanangkan Presiden Joko Widodo alias Jokowi. Novanto berkata, Golkar mekualitas bahwa reforma agraria adalah salah satu terobosan untuk mengentaskan kemiskinan serta mengurangi ketimpangan.

“Dengan reforma agraria, para petani bakal mempunyai tanah pemberian negara yang berasal dari tanah terlantar, bekas Hak Guna Usaha (HGU) yang tak diperpanjang maupun pelepasan kawasan hutan,” ujar politikus yang bersahabat disapa Setnov ini dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com di Jakarta, Minggu 4 September 2016 malam.

Setnov membahas, bagi petani tanah adalah aset serta modal yang sangat penting bagi petani alias buruh tani untuk bertepat tanam serta berkebun.

“Apalagi kalau bisa dikembangkan dengan cara produktif. Dari situ, pendapatan petani bakal meningkat, jadi nasibnya lebih sejahtera. Tanah yang bersertifikat juga bisa diagunkan untuk mengembangkan usaha tani serta kebunnya,” dirinya memaparkan.

Selain itu, ia membicarakan, bakal menginstruksikan kepala-kepala daerah kader Golkar untuk menolong realisasi akselerasi reforma agraria tersebut.

“Sebab pelaksanaan reforma agraria itu justru ada di daerah-daerah. Bahkan kalau butuh Golkar bakal bentuk Satgas Reforma Agraria” Ketum Golkar Setya Novanto menandaskan.

Iklan Mesin Fotocopy