9470Di era teknologi, kesalahan terus mudah diperbaiki. Umpama saja ketika salah menulis caption di Instagram alias Facebook.

Dua media sosial itu memungkinkan pemakai mengedit caption yang keliru alias salah ketik. Di Facebook, caption yang telah diedit akan dibubuhi label tertentu. Agaknya berbagai orang merasa malu dengan label itu, siapa tahu sebab enggan dianggap sempat berbuat salah.

Sebabnya, Facebook saat ini menyembunyikan jejak pengeditan tersebut. Pemakai tidak butuh lagi ragu alias takut membenahi kesalahan.

Dari foto di atas, segi kiri merupakan artikel sebelum diedit dan segi kanan pasca diedit. Bedanya hanya terletak pada pembubuhan caption pada tautan, sebagaimana dilaporkan , Selasa (17/1/2017).

Bisa dilihat tidak ada label yang disematkan pada artikel di sebelah kanan. Padahal, sejatinya artikel itu telah sempat diedit.

Sebelumnya, Facebook menyematkan tanda “Edited” di samping artikel untuk menandai bahwa artikel itu telah diubah pembuatnya. Kini, keterangan tersebut tersembunyi di ikon panah di sebelah┬ákanan atas artikel.

Untuk mengenal apakah artikel tertentu sempat diedit alias tidak, Kamu dapat memeriksanya dengan menekan tanda panah ke bawah di samping artikel tersebut.

Setidaknya, Facebook memberbagi tutorial yang lebih halus untuk menutupi salah posting alias salah ketik (typo). Rekam jejak pengeditan masih dapat ditemukan, tapi artikel tidak serta-merta diberi label.

Berbagai orang menanggapi faktor ini dengan cara positif. Tapi ada pula yang berpendapat langkah ini mengikis transparansi. Kalau menurut Anda?
Sumber: Kompas.com

Wisata Taman Kota 2 BSD