Penggunaan printer dalam kehidupan sehari-hari rasanya sudah menjadi hal yang tidak asing, baik di sekolah, kampus, perkantoran, bahkan rumah tangga sekalipun seringkali menggunakan printer untuk mencetak berbagai keperluan.

Printer adalah perangkat yang menerima output teks dan grafik dari komputer dan mentransfer informasi ke kertaas, biasanya menggunakan lembaran kertas ukuran standar.

Printer bervariasi dalam ukuran, kecepatan, kecanggihan, dan biaya. Secara umum, printer yang lebih mahal biasanya digunakan untuk mencetak warna dengan resolusi yang tinggi.

Printer yang paling banyak digunakan untuk kalangan pribadi adalah printer inkjet, di mana beberapa contohnya adalah printer warna murah, dan printer laser.

fungsi printer komputer

Printer Inkjet menyemprotkan tinta dari cardridge tinta dalam jarak yang sangat dekat ke kertas saat bergulir. Sedangkan untuk printer laser menggunakan sinar laser yang dipantulkan dari cermin untuk menarik tinta (disebut toner) ke area kertas tertentu saat lembaran menggulung drum.

Banyak printer digunakan hanya untuk periferal lokal dan dipasang melalui kabel USB ke komputer yang berfungsi sebagai sumber dokumen.

Beberapa printer juga umumnya bisa digunakan untuk printer jaringan, memiliki antarmuka jaringan built-in (biasanya nirkabel dan / atau Ethernet), dan dapat untuk print untuk setiap pengguna di jaringan tersebut.

Selain itu, beberapa printer modern dapat langsung berinteraksi dengan media elektronik seperti memory card atau kartu memori, atau ke perangkat pengambilan gambar seperti kamera digital, scanner dan ada juga yang bisa berfungsi sebagai mesin fotokopi.

Printer yang menyertakan fitur non-cetak kadang-kadang disebut printer Multifungsi (MFP), Perangkat Multi Fungsi (MFD), atau All-In-One (AIO). Sebagian besar MFP mencakup print, scanner, dan copy dokumen.

Namun selain untuk mencetak, sebenarnya masih banyak fungsi printer pada komputer lainnya yang perlu anda ketahui. Apa sajakah fungsi printer komputer itu? Berikut ini penjelasannya lengkapnya

Fungsi Printer Komputer

Mencetak Dokumen

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, printer merupakan hardware atau perangkat kertas yang digunakan untuk mencetak. Karena itulah sudah jelas jika fungsi utamanya digunakan untuk mencetak berbagai dokumen.

Umumnya, dokumen yang dapat dicetak dibuat dari aplikasi Microsoft Office, seperti Word, Excel, dan Powerpoint. Dokumen yang dibuat dari aplikasi ini bisa mudah dicetak menggunakan berbagai jenis printer.

Mencetak Gambar atau Foto

Selain digunakan mencetak dokumen dari Microsoft Office, Printer juga memiliki fungsi dan kegunaan untuk mencetak gambar atau foto. Saat ini sudah banyak jenis printer dengan spesifikasi yang mumpuni yang dapat digunakan untuk mencetak foto dan gambar.

Printer yang digunakan adalah jenis printer berwarna yang memiliki kualitas cetakan beresolusi tinggi. Sehingga kualitas cetak foto tak perlu diragukan lagi.

Meskipun begitu masih ada beberapa kendala pada printer saat mencetak foto, terutama masalah ukuran foto. Beberapa printer biasanya memiliki kemampuan mencetak dalam ukuran tertentu. Sehingga tidak semua foto dapat langsung dicetak menggunakan printer biasa.

Mencetak Kebutuhan Grafis

Selain foto, kebutuhan grafis lainnya seperti poster, banner, dan sebagainya juga bisa dicetak dengan mudah menggunakan printer.

Tentunya dengan menggunakan jenis printer tertentu yang memang dikhususkan untuk mencetak kebutuhan tersebut. Perkembangan printer saat ini memang cukup berkembang pesat, salah satunya dengan munculnya printer yang memiliki ukuran lebih besar atau yang dikenal sebagai plotter.

Baca juga : Aplikasi Pemotong Video di PC dan Android

Mesin Plotter ini digunakan untuk mencetak banner, spanduk, stiker, sablon dan lainnya. Sehingga mesin printer ini sangat umum digunakan pada bisnis percetakan.

Bahkan yang lebih mengagumkan lagi adalah kini bukan hanya kertas saja yang menjadi media printer, namun bisa menggunakan media lainnya seperti kain, akrilik, dan kaca untuk di print.

Mencetak Sablon

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, printer kini tak hanya bisa mencetak di kertas saja. Melainkan dapat digunakan mencetak pada media lainnya seperti kain, kaca, dan lainnya.

Saat ini teknologi sablon memang cukup berkembang pesat dan bisa dilakukan hanya dengan menggunakan printer saja.

Mesin Fotokopi Sekaligus Scanner

Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat printer dilengkapi dengan berbagai fitur-fitur yang menarik. Seperti pada beberapa printer yang ada di pasaran saat ini kebanyakan dilengkapi fungsi tambahan yang bisa digunakan sekaligus menjadi mesin scanner atau fotokopi.

Biasanya printer multifungsi seperti ini banyak digunakan di kantor-kantor yang mempunyai kebutuhan administrasi lebih banyak. Sehingga bukan hanya dapat mencetak dokumen menjadi bentuk fisik saja, namun juga dapat mengubah dokumen fisik ke dalam bentuk dokumen digital.

Mengoptimalkan Analisa Dokumen

Ini menjadi fungsi tersembunyi dari sebuah printer. Terkadang ada beberapa orang yang lebih nyaman untuk membaca dan menganalisa sebuah dokumen dari layar komputer. Namun ada pula orang yang bisa menganalisa dokumen dengan menggunakan kertas.

Sehingga dengan adanya printer tentunya akan memudahkan bagi anda yang lebih senang menganalisa dan mengkoreksi sebuah dokumen hanya dari kertas. Sehingga anda tak akan kerepotan lagi untuk melihat layar komputer terlalu lama.

6 Fungsi printer diatas rasanya yang paling sering dimanfaatkan oleh kebanyakan orang dalam kehidupan sehari-hari. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, tentunya akan banyak produk-produk printer canggih yang diproduksi dengan berbagai fungsi-fungsi tambahan selain keenam fungsi diatas.

Jika Anda merasa artikel diatas bermanfaat, jangan lupa share artikel ini sosial media pribadi Anda agar semakin banyak orang yang mendapatkan manfaatnya.

Iklan Mesin Fotocopy