Home / Peristiwa / Heboh Penemuan Irigasi Zaman Majapahit di Jombang

Heboh Penemuan Irigasi Zaman Majapahit di Jombang

irigasi majapahit
GTV

Setelah heboh penemuan irigasi air yang diduga peninggalan zaman Majapahit, petugas dari Balai pelestarian cagar budaya Trowulan mendatangi lokasi ditemukannya saluran air bawah tanah di Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Berdasarkan hasil galian selain struktur bangunan kuno, petugas juga menemukan serpihan gerabah di dasar bangunan

Warga terus melakukan penggalian saluran air bawah tanah yang ditemukan di Dusun Sumber Beji, Desa Kesamben Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Kali dipenggal ia didampingi petugas dari Balai pelestarian cagar budaya atau bpcb Trowulan. Selain struktur bangunan kuno petugas juga menemukan serpihan gerabah di dasar bangunan, dugaan sementara gerabah dan bangunan ini merupakan saluran irigasi yang dibangun pada zaman kerajaan Majapahit.

Hal ini tampak jelas dari struktur bangunan yang tertata rapi dan terbuat dari batu bata merah berukuran sangat besar, meski lobang berukuran sangat besar namun warga belum berani masuk karena sumber air yang mengalir sangat deras.

Temuan menghebohkan ini berawal saat warga sedang menggali dasar waduk yang sudah mengering untuk mencari sumber air baru di dasar Waduk, tanpa diduga warga menemukan struktur bangunan yang ternyata merupakan saluran irigasi Kuno.

Update Proyek Tol Serpong Cinere

Lihat juga

kerangka manusia di rumah kosong

Warga Bekasi Temukan Kerangka Wanita di Rumah Kosong

Kerangka manusia ditemukan di sebuah rumah kosong di Bekasi, Jawa Barat. Kondisi mayat mengenaskan dan …