032618600_1472645564-pilkada_Bandung – Netizen laki-laki dengan keberminatan kegemaran politik, olahraga, serta hiburan menjadi masyarakat paling tak sedikit menuturkan Pilkada Jakarta 2017.

Aqsath Rasyid, CEO NoLimit Bandung (spesialis analis media sosial) berkata, fotoan salah satu komponen demografi tersebut terkesan dari hasil survei Pilkada Jakarta 2017 periode 1 Mei-31 Juli 2016.

Dalam kurun waktu tersebut, tercatat 449.689 cuitan terkait dengan isu tertidak sedikit merupakan pembicaraan 12 calon gubernur/wakil gubernur, dengan tema tertidak sedikit dibahas merupakan proses pencalonan masing-masing.

“Dari kicauan tersebut, laki-laki mendominasi hingga 76% dengan mayoritas dari usia produktif, antara 25 hingga 40 tahun, yang mayoritas merupakan digital native,” di Bandung, belum lama ini.

Menurut Aqsath, pihaknya juga mencatat bahwa netizen paling tak jarang mencuit soal ini pada hari Senin, terutama pada jam 12.00-15.00. Di hari lainnya pun, jam tersebut menjadi primadona. Penurunan signifikan tweets di semua hari terjadi mulai pukul 20.00 ke atas.

NoLimit juga mencatat, dengan cara kualitatif, ada tiga tipe cuitan yakni positif, netral, dan negatif.

Yang positif umumnya terdiri atas tak sedikit yang berharap tak ada isu SARA dalam Pilkada Jakarta, keyakinan tokoh publik Jimly Asshiddiqie kalau Pilkada tahun depan berjalan seru, dan Mendagri harapkan Pilkada DKI hasilkan gubernur berintegritas.

“Isu negatif yakni Isu SARA bakal mencuat dalam Pilkada, KPU dituding jegal calon independen oleh DPR, dan Pilkada DKI cenderung transaksional. Yang netral merupakan pernyataan dukungan, terutama untuk Ahok, Risma, dan Sandiaga Uno,” katanya.

Sementara dengan cara kuantitatif, sambung Aqsath, cuitan tertidak sedikit berisikan dukungan untuk Ahok maju Pilkada DKI.

Selanjutnya dengan cara berurutan merupakan dukungan Risma maju Pilkada DKI, dukungan Sandiaga Uno maju Pilkada DKI, pemkabaran kegiatan dan rencana Golkar dalam Pilkada DKI, dan tak sedikit orang tak setuju isu SARA di Pilkada DKI.

Iklan Mesin Fotocopy