Home / Dunia Islam / Jabal Uhud Jadi Tempat Favorit Jemaah Haji Berziarah

Jabal Uhud Jadi Tempat Favorit Jemaah Haji Berziarah

ikhtisarislami.com

Jabal Uhud atau gunung uhud menjadi salah satu tempat ziarah yang ramai dikunjungi jamaah calon haji Indonesia, selain menjadi saksi peperangan zaman Rasulullah, di Jabal Uhud juga terdapat makam 70 sahabat nabi.

Jabal Uhud atau gunung uhud menjadi puncak tertinggi dan terbesar di kota Madinah Arab Saudi, memiliki sejumlah situs bersejarah, Jabal Uhud menjadi destinasi favorit jamaah calon haji Indonesia maupun dunia untuk berziarah.

Jabal Uhud memiliki tinggi hingga 20 meter dan memanjang hingga 7 km, di sini terdapat bukit rumah atau pemanah. Bukit rumah menjadi lokasi para pemanah kaum muslimin terjaga dari serbuan kaum kafir Quraisy pada masa perang uhud.

Di kawasan Jabal Uhud juga terdapat 70 makam para syuhada yang dipagari berbentuk persegi, mereka adalah para sahabat nabi yang gugur dalam perang Uhud, termasuk paman nabi Hamzah Bin Abdul Muththalib.

“Memang bagaimana perjuangan para sahabat baginda rasulullah berjuang di sini, bahwa para sahabat itu turun ke bawah ya tidak mengindahkan perintah dari baginda Rasulullah sehingga mereka kalah akibat dari ingin mendapatkan Ghanibah hasil rampasan perang, sebagai manusia jangan tergiur harta. ”

Selain berziarah para jamaah calon Haji juga berdoa di masjid syuhada yang berdekatan dengan makam para syuhada.

Update Proyek Tol Kunciran Serpong

Lihat juga

Ustadz Abdul Somad

Ini Kronologi Ustaz Abdul Somad Ditolak di Hong Kong

Ustaz Abdul Somad (UAS) ditolak masuk Hong Kong oleh otoritas setempat setibanya di bandara, Sabtu …