Jokowi Jack MaPresiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat (2/9/2016), mengunjungi kantor raksasa e-commerce di China, Alibaba Group Corporate Campus. Agenda kunjungan tersebut salah satunya menuturkan soal kesempatan pemasaran produk usaha kecil menengah (UKM) Indonesia di China. Jokowi menyempatkan diri meninjau sejumlah portofolio produk maupun layanan Alibaba sekaligus melihat lihat suasana kerja di kantornya.

Presiden merasa butuh untuk mendalami raksasa e-commerce tersebut supaya bisa menolong memasarkan produk-produk ekonomi dari UKM serta kreator muda Indonesia di pasar China.

Gambar-gambar Jokowi saat diterima Jack Ma di kantornya dihadirkan oleh media China Xinhua News lewat akun Twitter-nya.

“Jack Ma pribadi dan Presiden mempunyai pandangan yang sama tentang UKM. UKM itu harus diberdayakan untuk memanfaatkan teknologi ini,” ujar Menkominfo Rudiantara yang mendampingi Jokowi dalam kunjungan tersebut, Sabtu (3/9/2016).

“Visi dari Jack Ma itu juga sama, yakni bagaimana memfokuskan target terhadap UKM,” imbuh Rudiantara.

Salah satu yang dibicarakan dalam pertemuan tersebut adalah keinginan untuk memperdalam kerja sama. Harapannya, produk UKM asal Indonesia bukan cuma dapat melenggang di China, melainkan beberapa belahan dunia lewat layanan milik Alibaba.

Sebelumnya, dalam platform Tmall (sebelumnya Taobao Mall) milik Alibaba, telah ada tahap khusus bernama Inamall yang digunakan untuk memasarkan beberapa produk asal Indonesia.

Kerja sama Inamall ini dimulai sejak Juli 2016 lalu. Sayangnya baru barang tipe large fast moving consumer goods (FMCG) saja yang dipasarkan di sana; contohnya semacam keripik singkong Kusuka, kopi Kapal Api, serta Indomie.

Rencananya, kerja sama bakal diperdalam ke arah penjualan produk-produk UKM Indonesia di memakai platform lain milik Alibaba, yaitu AliExpress. Ini adalah platform penjualan yang telah hadir di beberapa negara lain, bukan hanya China.

“Nanti UKM-UKM ini masuk juga ke AliExpress. AliExpress itu adalah platform yang sama dari Alibaba tapi untuk global. Sehingga UMKM kami diinginkan tak hanya menyasar pasar Tiongkok (China), tapi juga di luar Tiongkok,” terang Rudiantara.

Untuk diketahui, Alibaba sekarang dikenal sebagai raksasa e-commerce di China serta dunia. Beberapa waktu lalu, grup Jack Ma ini masuk ke Indonesia dengan langkah membeli platform e-commerce lokal, yaitu Lazada Indonesia.

Sumber : Kompas
Gambar : China Xinhua News

Iklan Jasa Pembuatan Website