Karnaval kendaraan listrik bertajuk Jakarta Langit Biru 2019 berlangsung meriah karnaval yang diikuti 470 unit kendaraan berbasis tenaga listrik ini berhasil meraih rekor MURI bertepatan dengan hari listrik nasional ke-74.

Pemprov DKI Jakarta bersama PT PLN menggelar karnaval kendaraan listrik yang diikuti sebanyak 470 kendaraan listrik dari berbagai jenis dan model.

Karnaval Jakarta Langit Biru dimulai dari kawasan patung Pemuda Bundaran Senayan Jakarta menuju Bundaran Hotel Indonesia dan kembali lagi ke patung pemuda yang menempuh jarak kurang lebih 10 km dengan durasi sekitar 50 menit.

Acara Jakarta langit biru 2019 merupakan langkah Pemprov DKI Jakarta untuk mengkampanyekan penggunaan kendaraan berbasis listrik bebas emisi kepada masyarakat.

Hal ini juga untuk memperbaiki kualitas udara di Jakarta.

“Dalam rangka mendorong lebih banyak kendaraan yang bebas emisi. Kami di DKI Jakarta membangun jalur-jalur sepeda supaya banyak warga menggunakan sepeda, kemudian kedua transportasi umum di integrasikan. Ketiga kita juga mendorong agar kendaraan-kendaraan bermotor berbasis listrik lebih banyak digunakan”, ungkap Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakata.

“Mudah-mudahan dengan gerakan ini semua kita juga bisa membantu pemerintah untuk menurunkan impor BBM, karena ini kan program-program apa namanya switcing antara BBM dengan listrik ini merupakan bagian memperbaiki current defisit antara lain memperbaiki current defisit pemerintah”, ungkap Sripeni Inten, PLT Direktur Utama PLN.

Karnaval Jakarta Langit Biru mendapat penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) karena 470 kendaraan berbasis listrik ikut serta dalam karnaval Jakarta Langit Biru.

Foto : Tribun