005867600_1463022069-banner_gaji_pnsJakarta РKomite Ekonomi serta Industri Nasional (KEIN) menargetkan dalam 30 tahun ke depan pendapatan masyarakat Indonesia mencapai US$ 30 ribu per kapita per tahun. Faktor ini bakal sejalan dengan peta jalan (roadmap) industrialisasi 2045 yang tengah disusun komite tersebut.

Anggota KEIN Benny Pasaribu membicarakan, sekarang pendapatan per kapita masyarakat Indonesia ?rata-rata hanya sebesar US$ 3.000 per tahun.

Tetapi seiring dengan keinginan pemerintah untuk mendorong pertumbuhan industri di dalam negeri, diinginkan pendapatan per perkapita tersebut tumbuh 10 kali lipat pada 2045.

“Sekarang income ki?ta baru US$ 3.000 per kapita per tahun. Ini diinginkan bisa jadi US$ 30 ribu per kapita per tahun,” ucap dirinya dalam Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Roadmap Industrialisasi 2045 di Hotel Bidakara, Jakarta (6/10/2019).

Benny mengungkapkan, pertumbuhan pendapatan sebesar itu bukan faktor mustahil dicapai masyarakat Indonesia.

Indonesia bisa belajar dari Tiongkok dalam mendorong pertumbuhan pendapatan masyarakatnya dengan membangun industri yang kuat.

?”Tiongkok sanggup bangun serta berkembang kurang dari 30 tahun. Mereka sekarang telah temukan taste-nya jadi ekonominya bisa tumbuh double digit. Kami wajibnya tak kalah dengan Tiongkok,” tutur dia.

Benny berharap, roadmap yang tengah disusun oleh KEIN bisa menjadi acuan bagi pengembangan industrialisasi nasional hingga 2045.

Dengan demikian, sasaran pertumbuhan pendapatan per kapita masyarakat ?Indonesia tersebut bisa tercapai.

“Itu yang disebut dengan roadmap, jadi kami tahu kami mau ke mana. Kami wajib rencanakan itu baik kualitatif serta kuantitatif hingga 30 tahun. Kami bangun peta jalan untuk mencapai impian Indonesia 30 tahun mendatang?,” tandas dia.

Iklan Mesin Fotocopy