Jakarta Gelandang Juventus Sami Khedira sedih melihat nasib Bastian Schweinsteiger di skuat Manchester United. Mantan rekannya di timnas Jerman itu terlempar dari skuat inti Setan Merah di bawah kendali Jose Mourinho.

Menurut Khedira, sebagai pemain besar, Schweinsteiger tidak layak mendapat perlakuan seperti itu. Seperti diketahui, Mourinho sebagai nakhoda baru Setan Merah telah meminta Schweini meninggalkan Old Trafford.

“Saya sama sekali tidak pernah berada dalam situasi di mana klub meminta saya pergi,” kata Khedira kepada Welt am Sonntag seperti dilansirSoccerway.com.

“Pemain dengan karier yang hebat tidak pantas menerima perintah dari seseorang, ‘Hei, Anda pergi’.”

Khedira menambahkan, dia sangat sedih melihat nasib kompatriotnya tersebut. Terlebih, mantan pemain Real Madrid itu selama ini ternyata mengidolakan Schweinsteiger. Meski demikian, Khedira mengerti tantangan yang bakal dihadapi Schweinsteiger saat memutuskan pindah dari Bayern Munich ke MU.

Dia juga tidak menyalahkan keputusan Mourinho “membuang” Schweinsteiger. “Di satu sisi, siapa pun harus paham klub. Sepak bola adalah bisnis,” katanya.

“Tidak ada jaminan dalam industri kami. Jika Jose Mourinho punya rencana lain, Anda harus menerimanya.”

Nasib Schweinsteiger bersama MU memang memburuk sejak kedatangan Jose Mourinho. Pasalnya, mantan pelatih Real Madrid dan Chelsea itu tidak memasukkan namanya dalam skema bermain Setan Merah.

Mourinho bahkan membuka pintu bagi Schweini meninggalkan Old Trafford. Namun hingga bursa transfer ditutup, 31 Agustus lalu, pemain yang telah memutuskan pensiun dari timnas Jerman itu masih bertahan.

The Special One sebenarnya masih memasukkan Schweini di skuat MU untuk Premier League. Namun dia sama sekali tidak dilibatkan di Liga Europa. Schweini dikorbankan demi memenuhi kuota non-club trained.

Memburuknya nasib Schweini di MU mulai tercium mulai akhir Juli lalu. Saat itu, dia tidak dibawa kala MU melakoni laga uji coba melawan Galatasaray di Nya Ullevi, 31 Juli 2016.

Selain itu, Mourinho sempat meminta Schweini untuk berlatih bersama tim cadangan MU saja. Bahkan, Mourinho juga mendesak Schweini agar segera memindahkan lokernya ke kamar ganti tim cadangan. Akibat sikap ini, Mourinho pun sempat menuai kecaman dari beberapa pihak.

Iklan Mesin Fotocopy