Kisi kisi soal CPNS 2019. Ada banyak informasi mengenai pelaksanaan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (disingkat CPNS) 2019 yang telah di bedah dalam berbagai infografis oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk memudahkan calon pelamar.

Mau tahu apa saja bocoran dan kisi soal ujian CPNS 2019? Yuk simak informasi berikut!

Kisi kisi cpns 2019

Seleksi Kemampuan Dasar Kisi Kisi Soal CPNS 2019

Wawasan Kebangsaan

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) ini akan meliputi beberapa komponen wawasan diantaranya Nasionalisme, Integritas, bela negara, pilar negara dan pastinya bahasa indonesia.

Tes Wawasan Kebangsaan adalah salah bagian dari Tes Kompetensi Dasar (TKD) yang acapkali dianggap paling sulit oleh peserta ujian CPNS karena biasanya banyak peserta seleksi penerimaan CPNS yang gagal mencapai skor yang memenuhi standar minimal kelulusan (passing grade).

Tapi kabar baiknya nih menurut Kepala Badan Kepegawaian Negara ( BKN) Bima Haria Wibisana tes ini nantinya akan lebih di sederhanakan dibanding seleksi CPNS sebelumnya.

Jadi bagi kamu yang ingin ikut seleksi CPNS tahun ini tidak perlu khawatir lagi ya, karena seperti yang dibilang diatas bahwa tes di buat lebih mudah untuk dipahami oleh peserta, tinggal kamu pelajari saja soal-soal tes tahun sebelumnya.

Contoh soal Tes Wawasan Kebangsaan :

Rancangan undang-undang anggaran pendapatan dan belanja negara diajukan oleh Presiden untuk dibahas bersama Dewan Perwakilan Rakyat dengan memperhatikan pertimbangan…
  1. Rakyat
  2. MPR
  3. DPD
  4. Politik
  5. BPK

Jawaban : C. DPD

Hal ini sesuai dengan Dasar Hukum APBN yang mengatur mengenai keuangan, khususnya dalam bab VIII Undang-Undang Dasar 1945 Amendemen IV pasal 23 mengatur tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Bunyi pasal 23:
ayat (1): Anggaran pendapatan dan belanja negara sebagai wujud dari pengelolaan keuangan negara ditetapkan setiap tahun dengan undang-undang dan dilaksanakan secara terbuka dan bertanggung jawab untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.
ayat (2): Rancangan undang-undang anggaran pendapatan dan belanja negara diajukan oleh Presiden untuk dibahas bersama Dewan Perwakilan Rakyat dengan memperhatikan pertimbangan Dewan Perwakilan Daerah.
ayat (3): “Apabila Dewan Perwakilan Rakyat tidak menyetujui rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang diusulkan oleh Presiden, Pemerintah menjalankan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara tahun yang lalu”.

Intelegensi Umum

Tes intelegensi umum ini untuk mengetahui kompetensi peserta CPNS dalam hal kemampuan verbal, kemampuan numberik dan kemampuan vigural.

Tes Intelegensi Umum ini merupakan salah satu materi ujian yang digunakan untuk mengukur kemampuan intelektual sesesorang agar memenuhi standar yang dibutuhkan dalam lembaga pemerintah.

Tes Intelegensia umum biasanya meliputi soal sinonim kata, antonim kata, padanan kata, tes deret hitung, tes aritmatika atau geometri, penalaran analitis dan penalaran logis (silogisme).

Contoh soal Sinonim (Persamaan Kata)

Saban =_____

  1. Pernah
  2. Sejalan
  3. Jarang
  4. Tiap-tiap
  5. Sekali

Jawaban :

D. Tiap-tiap.

Saban merupakan bahasa khas Betawi yang diartikan tiap-tiap

Karakteristik Pribadi

Tes karakteristik pribadi ini meliputi pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, teknologi informasi & komunikasi dan profesionalisme.

Dalam tes karakteristik pribadi ini, tidak ada jawaban benar dan salah, maka dari itu diperlukan suatu kemampuan serta pengetahuan yang luas untuk dapat menganalisis setiap nilai atau bobot dari setiap jawaban yang ada.

Untuk itu, coba kamu perbanyak mengerjakan latihan soal CPNS tahun sebelumnya untuk tes karakteristik pribadi ini, hingga anda terbiasa untuk menilai bobot jawaban setiap soal yang diberikan.

Contoh soal tes karakteristik pribadi 

Saya diutus untuk menghadiri seminar menggantikan atasan saya. Pada saat yang bersamaan saya sedang mengerjakan laporan yang tidak terlalu mendesak.

  1. Saya akan selesaikan terlebih dahulu laporan tersebut, sebab bisa saja diminta oleh atasan sewaktu-waktu.
  2. Laporan tersebut akan menjadi merepotkan kalau tertunda.
  3. Saya akan menghadiri seminar tersebut agar dapat menghindar dari tugas laporan.
  4. Saya akan menghadiri seminar tersebut karena laporan belum harus segera diserahkan kepada atasan.
  5. Saya bisa menghadiri seminar dan mengerjakan laporannya nanti saja.

Jawaban :

Seperti yang sudah di sampaikan sebelumnya, jawaban dari soal bukan benar atau salah melainkan dengan bobot penilian menggunakan skala nilai skor sebagai berikut :

  1. Saya akan selesaikan terlebih dahulu laporan tersebut, sebab bisa saja diminta oleh atasan sewaktu-waktu.(skor 5)
  2. Laporan tersebut akan menjadi merepotkan kalau tertunda. (skor 3)
  3. Saya akan menghadiri seminar tersebut agar dapat menghindar dari tugas laporan. (skor 4)
  4. Saya akan menghadiri seminar tersebut karena laporan belum harus segera diserahkan kepada atasan. (skor 1)
  5. Saya bisa menghadiri seminar dan mengerjakan laporannya nanti saja. (skor 2)

Passing Grade / Nilai Ambang Batas

Sesuai dengan informasi resmi dari Twitter BKN, bahwa passing grade / nilai ambang batas akan diatur dalam Permen PAN RB tersendiri.

Tapi sampai berita ini diturunkan, kami sudah mencari informasinya di Internet tapi belum menemukan Peraturan Menteri yang mengatur tentang Passing Grade / Nilai Ambang Batas.

Kami hanya menemukan Peraturan Menteri PAN RB tahun 2018 lalu, kemungkinan memang belum ada Peraturan tersebut.

Sekian dulu pembahasan mengenai Kisi Kisi Soal CPNS 2019 dari BKN. Jika kamu bingung atau kesulitan saat mendaftar CPNS 2019, kamu dapat menghubungi call center atau helpdesk masing-masing Instansi sesuai jam kerja.

Kami akan update terus informasi pembukaan CPNS nanti melalui website ya.

Akhir kata, selamat belajar dan semoga lulus menjadi ASN!