Konversi Satuan Massa Kuintal ke Kilogram

beritanasional – Kuintal merupakan satuan unit massa atau berat yang biasa digunakan oleh banyak negara. Konversi satuan massa kuintal ke kilogram biasa digunakan untuk menimbang suatu benda seperti hasil bumi, hasil laut dan hasil hutan.

Pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas mengenai cara mengonversi satuan massa kuintal ke kilogram. Mengonversi satuan massa ini cukup mudah, jika Anda penasaran, simak ulasan berikut ini ya!

Konversi Satuan Massa Kuintal ke Kilogram

Konversi satuan massa kuintal

Banyak negara yang telah menggunakan massa jenis kuintal untuk mengukur berat suatu benda atau barang. Massa kwintal biasa digunakan untuk mengukur berat yang mencapai 100 kilogram atau 100 kilogram keatas.

Pada umumnya kuintal digunakan untuk menimbang berat benda dengan total jumlah yang sangat banyak, sehingga satuan kuintal termasuk kedalam kategori serta definisi berat. Meski ukuran kuintal cukup banyak namun kuintal tetap berada dibawah ton karena ton merupakan ukuran berat yang tertinggi.

Sementara satuan massa juga ada yang berada di kategori rendah seperti pon misalnya. Penjelasannya, baca : Konversi Satuan Massa Pon ke Gram

Baca juga : Konversi Satuan Massa Pon ke Kg

Adapun contoh barang yang biasa menggunakan kuintal sebagai alat ukurnya adalah sebagai berikut :

  • Barang atau benda yang berasal dari hasil bumi seperti beras, kedelai, sayuran, teh, padi, lada, kopi, buah-buahan dan berbagai hasil bumi lainnya.
  • Barang atau benda yang berasal dari hasil laut seperti ikan, udang, kerang, gurita, cumi dan lain sebagainya.
  • Barang atau benda yang berasal dari hasil hutan seperti damar, kelapa sawit, kayu manis, cengkeh, karet, kayu dan yang lainnya.

Setelah membahas mengenai kuintal, kami akan mengulas mengenai kilogram. Kilogram atau kg merupakan satuan massa atau berat yang telah resmi digunakan dalam sistem peraturan satuan internasional atau SI.

Satuan kilogram apabila diturunkan dengan satuan dasar dari massa atau berat satuan internasional yakni gram. Selain kilogram, satuan massa yang merupakan turunan dari gram adalah milligram (mg), centigram (cg), decigram (dg), decagram (dag), hectogram (hg).

Adapun konversi satuan massa atau berat dari satuan kilogram pada satuan internasional (SI) adalah :

  • 1 kg = 106 mg (milligram)
  • 1 kg = 104 dg (decigram)
  • 1 kg = 1.000 g (gram)
  • 1 kg = 100 dag (decagram)
  • 1 kg = 10 hg (hectogram)
  • 1 kg = 105 cg (centigram)
  • 1 kg = 10 – 6 ton

Dalam runtutan satuan, kuintal nilai yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan ukuran berat yang menggunakan satuan kilogram (Kg). Perlu diketahui bahwa kuintal bukan termasuk dari satuan internasional dan kuintal hanya digunakan oleh beberapa negara tertentu, seperti Indonesia.

Cara mengonversikan satuan massa kuintal ke kilogram cukup mudah. Namun perlu diketahui bahwa 1 kuital yang dikonversikan menjadi dalam satuan kilogram menjadi patokan untuk menghitung kegiatan konversi meski dengan nilai yang berbeda.

Yang harus Anda ingat adalah nilai massa atau berat 1 kuintal sama dengan 100 kg. adapun rumus menghitung dari kuintal ke Kilogram adalah sebagai berikut :

(…) Kuintal x 100 = (…) Kg

Selain menggunakan rumus sebagaimana diatas, Anda juga dapat mempelajari klasifikasi tabel untuk menjadi acuan satuan konversi dalam aktivitas sehari- hari sebagaimana berikut :

  • 1 ton = 1000 kg
  • 1 kuintal = 100 kg
  • 1 kg = 1000 gram
  • 1 kg = 10 ons
  • 1 kg = 2 pon
  • 1 hg = 1 ons
  • 1 ons = 100 gram
  • 1 pon = 5 ons

Setelah mempelajari dan mengetahui konversi dari satuan massa kuintal ke satuan massa yang lain sebagaimana diatas, maka selanjutnya kami akan memberikan soal dan jawaban yang mudah untuk Anda pelajari :

Konversi satuan massa kuintal

Contoh soal 1

Padi yang telah dipanen oleh petani memiliki berat 5,2 kuintal, apabila dikonversikan menjadi kilogram berapakah berat padi yang dimiliki petani?

Jawab :

Perlu diingat bahwa 1 kuintal = 100 kg, maka 5,2 x 100 = 520 kg
Jadi, berat padi yang dimiliki petani adalah 520 kg.

Contoh soal 2

Ikan yang dimiliki oleh para nelayan adalah 6,7 kuintal, apabila dikonversikan menjadi kilogram berapakah berat ikan para nelayan?

Jawab :

Perlu diingat bahwa 1 kuintal = 100 kg, maka 6,7 x 100 = 670 kg.
Jadi, berat ikan yang dimiliki para nelayan adalah 670 kg.

Demikian ulasan mengenai konversi satuan massa kuintal ke kilogram yang mudah untuk Anda pelajari. Semoga contoh soal di atas juga membantu Anda lebih memahami tentang konversi.