052874000_1473418411-mudik-idul-adhaJakarta – PT Antariksa Pura II (Persero) telah memilih Woojin Co Ltd sebagai pemasok people mover alias kereta tanpa masinis di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Perusahaan asal Korea Selatan ini dipilih AP II seusai meperbuat proses tender. People mover ini bakal beroperasi menghubungkan antara terminal 1, 2 serta 3 di Bandara Soetta.

“Untuk people mover itu kelak Woojin yang produksi rolling stoknya (gerbong), dibikin di pabriknya di Korea Selatan sana,” kata Direktur operasional AP II Djoko Murjadmodjo saat berbincang dengan Liputan6.com yang ditulis, Senin (26/9/2016).

Dipilihnya perusahaan asal Korea Selatan ini, Djoko membicarakan, sebab Woojin mempunyai teknologi people mover yang telah canggih. Perusahaan ini juga telah memasok beberapa tipe kereta ke beberapa negara.

Dalam proses tendernya sendiri, tak ada satupun perusahaan asal Indonesia yang mengikuti. Faktor ini sebab teknologi yang dipakai belum dapat diproduksi di dalam negeri.

?”Sekarang kan basic-nya bukan rel, people mover itu kaya bus tanpa pengemudi, semacam Changi (Singapura), di kami kan gak ada,”? ucap dia.

Djoko meningkatkankan, mengingat kereta tanpa masinis ini nantinya dioperasikan dengan cara gratis, dalam pengoperasiannya AP II bakal diserahkan ke PT Railink sebagai anak usahanya.

Proyek yang mempunyai kualitas kurang lebih Rp 800 miliar ini ditargetkan bakal rampung pada? Mei 2017 bersamaan dengan beroperasinya kereta bandara yang dioperasikan PT KAI (Persero). People mover ini bakal mempunyai 2-4 gerbong dengan frekuensi keberangkatan setidaknya setiap 4 menit sekali.

Iklan Mesin Fotocopy