Home / Kuliner / Kuliner Eropa Ala Solo

Kuliner Eropa Ala Solo

Unilever

Selat Solo dan sup matahari, Selat Solo merupakan makanan dengan bahan utama daging sapi yang diambil hanya bagian paha belakang, daging direbus dengan kuah yang encer terbuat dari bawang putih gula air serta dibumbui pala dan merica selat solo disebut-sebut sebagai bistik nya Jawa.

Menurut Heri Priyatmoko dalam bukunya berjudul kepala kilat wisata kuliner Solo makanan ini diadaptasi dari hidangan bistik atau bistik khas Belanda yang dimodifikasi.

Hasilnya adalah perpaduan antara bistik semur salat dan sub makanan yg disajikan dengan telur rebus dan sayur-sayuran seperti buncis kentang tomat selada mentimun dan wortel.

Selain itu ada juga menu sop matahari yang juga disantap tanpa nasi, disebut matahari karena bentuknya seperti matahari terbuat dari daging dan sayuran yang dibungkus dengan telur dadar, sup matahari paling enak di guyur dengan kuah panas dan disajikan saat masih panas.

Sub matahari ini unik karena semua bahannya itu berada dalam satu wadah, Sumatera hari ini biasanya ada ketika di pesta-pesta pernikahan namun kali ini bisa kita nikmati di sejumlah warung makan, di Solo dikenal tiga jenis Selat yaitu selat bistik, selat lidah dan selat galantin yang membedakannya adalah isian.

Dagingnya serta cara penyajiannya, kuahnya itu dingin itu disebut selat aslinya seperti itu dan cara makannya itu sebenarnya juga harus di, meski tanpa nasi selat Solo dan sup matahari cukup mengenyangkan.

 

Biasanya saya yang paginya udah kenyang, siangnya saya nggak butuh makan karbohidrat nasi dan saya masih salat subuh, di Solo harga selat dan sup matahari rata-rata Rp20.000 per porsi.

 

Update Proyek Tol Kunciran Serpong

Lihat juga

6 Sumber Protein Nabati Bergizi Pengganti Daging

Sumber protein dari dahulu lebih dikenal berasal dari produk hewani contohnya daging merah, ikan-ikanan, ayam, …