LRT Jakarta

rencongpost.com

Pemerintah terus mencari solusi untuk mengatasi kemacetan di Ibu Kota salah satunya dengan membangun moda transportasi massal lrt dengan total panjang jalur mencapai 100 km

Selain mengurangi kemacetan LRT juga diharapkan bisa Meningkatkan mobilitas penduduk, mengurangi emisi karbon dan menciptakan lapangan kerja baru di wilayah DKI Jakarta. Light rail transit atau disingkat LRT adalah sebuah sistem transportasi massal yang menggunakan kereta api ringan.

Siapakah penanggung jawabnya, penanggung jawab proyek LRT ini adalah pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan nilai investasi sebesar 29,9 Triliun Rupiah.

Pembangunan koridor 1 phase 1 yaitu dari Kelapa Gading ke Velodrome Rawamangun sudah berlangsung sejak 2016 dan beroperasi pada tahun 2019 ini, setiap rangkaian LRT terdiri dari 3 sampai 6 gerbong dengan kapasitas 250 hingga 390 orang per gerbong.

Ini artinya bahwa setiap rangkaian bisa membawa 750 sampai 2300 orang dan saat jam pada berupa rangkaian LRT akan datang setiap 3 sampai 5 menit sekali dan kedepannya jaringan LTE di wilayah DKI Jakarta akan terdiri dari 7 koridor.

7 koridor tersebut adalah yang pertama ini adalah Kebayoran – Kelapa Gading selanjutnya ada Pulomas – Tanah Abang, Joglo – Tanah Abang, Puri Kembangan – Tanah Abang, Pesing – Kelapa Gading, Cempaka Putih – Ancol dan Bandara Soekarno Hatta – Kemayoran. (CNN/Rencongpost)

Iklan Mesin Fotocopy