Home / Pendidikan / Mendikbud : Sistem Zonasi untuk Perbaiki Sistem Pendidikan

Mendikbud : Sistem Zonasi untuk Perbaiki Sistem Pendidikan

Sistem Zonasi Mendikbud
Foto : hidayatullah.com

Jakarta. Penerapan sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru 2019 menuai kritik dari sejumlah orang tua di berbagai daerah.

Menanggapi hal tersebut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menegaskan sistem zonasi dilakukan untuk memperbaiki sistem pendidikan, salah satunya adalah mengubah sikap dan persepsi masyarakat tentang adanya sekolah favorit.

Namun ia menambahkan akan terus melakukan evaluasi agar sistem ini bisa semakin baik seperti memetakan daerah mana yang masih kurang sekolah dan melakukan pelatihan kepada guru guna meningkatkan kualitas.

“Tapi justru zonasi itu untuk segera menyelesaikan masalah infrastruktur dan ketidakmerataan guru itu karena zonasi ini untuk memperkecil apa kalau istilah anda close up masalah karena kalau petanya itu nasional itu buram tapi kalau kita pecah-pecah kedalam zona zona itu menjadi lebih tajam lebih jelas gitu loh ibarat wajah gitu kalau dari jauh kelihatan nya halus setelah di close up kelihatan bopeng-bopeng nya kan. ”

“Nah ini telah tahu masalahnya ini akan kita selesaikan per zona baik mulai dari ketidakmerataan peserta didik, kemudian juga kesenjangan guru, ketidakmerataan guru, kemudian juga jomplangnya sarpras (sarana & prasana -red) antar sekolah itu akan bisa ketauan”,  kata Muhadjir di Jakarta, Senin (24/6/2019).

Update Proyek Tol Serpong Cinere

Lihat juga

Yohannes Surya, dari Fisika Menuju “Superpower” Dunia

Selasa, 11 Oktober 2016. Pagi itu, cuaca di Serpong, Tangerang Selatan, tampak bersahabat. Tidak panas, …