hobi jadi bisnisMembangun bisnis sendiri dapat berawal dari kegemaran yang kamu sukai. Bahkan bisnis yang datangnya dari kegemaran bakal lebih mudah dijalani, sebab sesuai dengan apa yang menjadi ketertarikan. Apabila kamu belum tahu bagaimana mengawali bisnis dari kegemaran, berikut beberapa trik yang dapat kamu ikuti.

1. Ajarkan pada orang lain
Cara termudah yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengajarkan kegemaran kamu terhadap orang lain. Umpama, kamu suka melukis, maka coba buka les privat di rumah untuk melukis. Kegemaran semacam bermain piano, karate, bahasa asing, memasak, serta menjahit, adalah beberapa contoh kegemaran yang dapat dijadikan bisnis.

2. Jual hasil kreasi kamu
Apabila kamu mempunyai kegemaran merajut alias menjahit, tapi tidak ingin mengajarkannya ke orang lain, maka jualah hasil kreasi Anda. Tetapi hal ini pasti mempunyai beberapa persoalan bisnis, semacam menentukan harga, memasarkan produk Anda, serta menemukan saluran yang cocok untuk menjualnya.

3. Kembangkan kegemaran Anda
Coba hubungkan kegemaran kamu dengan kepandaian lainnya, yang bakal mendukung kegemaran untuk dijadikan bisnis. Umpama, kamu menyukai fotografi, tapi jangan berhenti di situ saja. Cobalah belajar mengedit gambar, pasarkan hasil gambar kamu dengan cara online, serta tawari jasa foto untuk pernikahan alias ulang tahun. Intinya, kembangkan kegemaran dengan menonton lubang pasar. Misalnya penulis sendiri gemar membuat website, maka penulis memberanikan untuk mempromosikan jasa pembuatan website kepada teman, kerabat dan juga kolega.

4. Bikin diri Kamu dikenal
Jangan hanya diam saja alias hanya memasarkan bisnis kamu pada orang-orang terdekat. Untuk membikin nama kamu makin dikenal, buatlah akun Facebook, Twitter, serta jejaring sosial lainnya. Ciptakan blog alias situs sendiri, kemudian pamerkan portofolio kamu di sana.

5. Serius berbisnis
Nah terakhir yang juga tidak kalah penting, kamu mesti serius dalam menjalankan bisnis tersebut. Kamu bakal membutuhkan kerja ekstra saat berbisnis, ketimbang saat melakukan kegemaran yang santai. Ketika kamu melihat kegiatan itu lebih dari sekadar kegemaran, kamu pun bakal menemukan tidak sedikit peluang baru. (Sumber gambar : hartaku.com)

Iklan Jasa Pembuatan Website