Parkiran SepedaAmsterdam – Menjelajah ke negara lain membuka mata serta pikiran tentang terobosan yang dibangun di sana. Contohnya Amsterdam yang membuka lahan parkir untuk sepeda di dekat stasiun kereta.

Belanda dikenal sebagai negara yang nyaman untuk bersepeda. Khususnya di Amsterdam. Ibaratnya, kota ini merupakan surganya penggemar sepeda.

Jalur sepeda yang nyaman, tempat parkir sepeda yang tersedia hampir di setiap aspek kota, siapa yang takkan jatuh cinta dengan kota ini? Tidak puas sampai situ saja, Amsterdam juga punya area parkir khusus untuk sepeda yang aman dari pencurian serta vandalisme.

Memang parkir sepeda dapat di mana saja. Tetapi apabila ingin meninggalkannya dalam waktu lama, tentu ingin memarkirnya di tempat aman.

Dilihat dari website resmi Holland Cycling, Selasa (26/7/2016), saat ini ada parkiran yang aman untuk sepeda. Lokasinya ada di bawah Gustav Mahler Square dan dapat memuat kurang lebih 3.000 sepeda sekaligus.

Area ini berada di dekat Stasiun Kereta Amsterdam Zuid. Inilah salah satu stasiun hub paling sibuk yang ada di Belanda.

Wisatawan serta warga yang bawa sepeda dapat memarkirnya dengan aman serta nyaman di sana. Waktu paling lama untuk memarkir sepeda di sini adalah 2 minggu. Tidak perlu kuatir dicolong atau dirusak orang jahil.

Sementara itu di Indonesia, contohlah di Jakarta, parkiran sepeda masih dianggap tidak terlalu penting. Hanya ada beberapa slot untuk parkir sepeda.

Mungkin juga karena warganya tidak terbiasa dengan kendaraan yang satu ini. Padahal, naik sepeda menyehatkan serta dapat mengurangi polusi udara.

Tidak ada salahnya mengikuti kebiasaan baik dari negara lain. Siapa tahu, Jakarta bisa tidak terlalu macet dengan banyaknya yang memakai sepeda dibanding memakai kendaraan bermotor.

Wisata Taman Kota 2 BSD