bank-atmBank Indonesia (BI) menargetkan mesin ATM seluruh bank dapat dipakai bersama pada Maret 2017. Faktor tersebut adalah tahap dari program National Payment Gateway (NPG). Kepala Pusat Program Transformasi Bank Indonesia Onny Widjanarko menerangkan, NPG adalah sebuah sistem yang mengintegrasikan beberapa saluran pembayaran alias bank untuk memfasilitasi transaksi pembayaran dengan cara elektronik.

“NPG ini sistem mengintegrasikan pembayaran, untuk memfasilitasi pembayaran dengan cara elektronik,” kata Onny, di kantor Bank Indonesia, Jumat (2/9/2016).

Onny melanjutkan, untuk menerapkan program NPG, sekarang Bank Indonesia mempersiapkan peraturan sebagai payung hukum. Peraturan tersebut bakal diterbitkan Desember 2016.

“Kita lihat roadmap berikutnya. Desember 2016 telah ada Peraturan Bank Indonesia (PBI) mengenai NPG” ucap dia.

Onny membicarakan, ada payung hukum, sistem tersebut ditargetkan telah diimplementasikan pada Maret 2017. Mesin ATM bank yang mengikuti program tersebut dapat dipakai transaksi oleh nasabah dengan bank yang tak sama.

“Kalau sekarang saat menggunakan ATM bank A tapi masuk ATM bank B terbatas hanya beberapa fasilitas, transfer, tarik tunai serta lihat saldo kalau diterapkan bakal lebih banyak,” ucap Onny.

Onny mengungkapkan, pemakaian ATM bersama tersebut bakal menekan anggaran transaksi pada ATM, jadi dapat lebih hemat. Tidak hanya itu masyarakat menjadi lebih efisien sebab semua ATM dapat dipakai walau banknya tak sama.

“Memenuhi keperluan masyarakat efisien serta murah, tampilan mempertimbangkan infrastruktur saat ini,” tutur Onny.

Sumber : Liputan6

Iklan Mesin Fotocopy