Puncak Gunung Hadiah NorwegiaOslo – Finlandia bakal memperingati hari kemerdekaan mereka yang ke-100 pada 6 Desember 2017 mendatang. Tetangga mereka, Norwegia, rencananya bakal memberi hadiah berupa puncak gunung sebagai bentuk persahabatan.

Sebagaimana dilansir dari CNN, Sabtu (30/7/2016), Perdana Menteri Norwegia Erna Solberg mempertimbangkan untuk membuat proposal pemindahan batas negara sejauh 40 meter (130 kaki) pekan depan.

“Sejauh ini saya belum membuat keputusan apapun, tapi kami melihat ke persoalan ini,” kata Solberg kepada media Norwegia, NRK.

Norwegia rencananya bakal menghadiahkan puncak Halditcohkka dari Gunung Halti. Di mana gunung Halti memang terletak di perbatasan kedua negara, tetapi selama ini puncaknya yang mempunyai tinggi 1.331 meter berada di sisi Norwegia.

Norwegia mempunyai gunung tinggi, sedangkan negara tetangganya lebih cenderung datar. Apabila proposal Norwegia terwujud, maka puncak Halditcohkka bakal menjadi yang tertinggi di Finlandia.

Proposal ini sesuai dengan kampanye publik lewat Facebook. Salah satu penggagas kampanye, Sondre Lund berkata, Halditcohkka hanyalah salah satu puncak kecil di Norwegia.

“Kami mempunyai banyak pegunungan, dan ini hanya puncak gunung kecil. Ini seperti hal kecil, tetapi merupakan hal besar juga. Semua negara-negara Nordik mempunyai hubungan erat. Ini hanya salah satu bagian dari hubungan itu,” ucap Lund.

Lund terinspirasi seorang pensiunan Norwegia, Bjorn Geirr Harsson, yang pernah menyarankan pemindahan batas ini saat ia mengukur perbatasan Norwegia-Finlandia pada 1972 silam.

Iklan Mesin Fotocopy