Rabu kemarin, Badan Kesehatan Dunia WHO menetapkan COVID 19 sebagai pandemi, deklarasi pandemi corona dilakukan untuk memicu pemerintah negara di seluruh dunia menyiapkan rencana kesiapsiagaan dan prosedur darurat untuk melindungi masyarakat.

Pandemi Corona

Pandemi Corona (CNET)

Salah satu langkah yang diambil beberapa negara dengan tingkat penyebaran tertinggi adalah lockdown atau isolasi terhadap kota bahkan negara.

Saat isolasi atau lokdown yang diterapkan orang tak diperbolehkan untuk masuk atau meninggalkan sebuah kawasan dengan Bebas karena yang darurat.

Pandemi Corona

Total ada 7 negara yang telah menerapkan lockdown jauh mulai dari negara asal wabah Tiongkok yang menutup akses keluar masuk kota Wuhan sejak 2 Februari lalu. Hal ini dianggap penting mengingat ada 80.945 kasus positif korona yang menyebabkan 3000 orang meninggal

Begitu juga Pemerintah Korea Selatan menutup akses dari dan menuju Daegu sejak 24 Februari. Sejak 9 Maret ada 5 negara lain yang turut mengunci akses keluar-masuk demi mengatasi penyebaran virus Corona.

Mulai dari Italia yang mencatat 15.000 kasus positif korona, Iran dengan angka kematian mencapai 429 akibat korona danĀ  yang terbaru tanggal 13 Maret Denmark serta Filipina yakni di ibu kota Manila menerapkan lockdown.

Jika dibandingkan dengan Manila yang mencatat 52 kasus positif kondisi di Indonesia tak jauh berbeda, per Jumat ini Pemerintah mengonfirmasi 69 kasus positif corona.

Meski demikian Presiden Jokowi hanya meminta agar kepala daerah tetap melakukan sejumlah tindakan pencegahan penyebaran virus Corona terutama di ruang publik.

Apa yang di lakukan Indonesia?

“Belum terpikirkan, tapi saya sangat menghargai kerjasama seluruh kementerian dan lembaga termasuk juga pemerintah daerah.”

“Saya ingin juga apresiasi terhadap daerah-daerah yang mampu mengedukasi masyarakat memberikan penjelasan yang baik seperti DKI Jakarta, Jawa Tengah,Jawa Timur, Jawa Barat. Hal seperti itu yang bisa menenangkan masyarakat”, ungkap Jokowi.

Untuk saat ini, WNI di tanah air masih bisa beraktivitas seperti biasa. Sisi lain, PLT Juru Bicara Kemenlu. Teuku Faizasyah menjamin bahwa WNI yang terisolasi di beberapa negara tak akan menghadapi kesulitan.

Meski Belum ada rencana pemulangan WNI ke Indonesia dalam waktu dekat, pemerintah selalu berkoordinasi dengan KBRI Indonesia yang ada di setiap negara, terutama yang memberlakukan lockdown.

“Prinsipnya saran dari KBRI adalah mereka tetap mengindahkan apa yang menjadi penetapan dari wilayah tempat mereka tinggal sehingga tidak ada apa hal-hal yang mempersulit mereka, tidak ada sedikitpun sekarang wacana untuk memulangkan dan lain-lain tapi lebih banyak, ini kan satu periode untuk mengatasi masalah”, ungkap Teuku Faizasyah.

Meski ada pula upaya lain yang telah dilakukan berbagai negara termasuk Indonesia yang cukup membatasi masuknya warga negara asing yang berasal dari wilayah episentrum virus corona.

Wisata Taman Kota 2 BSD