Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Pemkab Bondowoso Gelar Festival Ki-Ronggo yang Dihadiri Ribuan Warga

×

Pemkab Bondowoso Gelar Festival Ki-Ronggo yang Dihadiri Ribuan Warga

Sebarkan artikel ini

Bondowoso, BERITANASIONAL.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Bondowoso dengan bangga mempersembahkan Festival Ki Ronggo dan peringatan Hari Jadi Bondowoso (Harjabo)ke-205,sebuah acara yang telah menjadi salah satu ikon penting dalam pelestarian seni dan tradisi daerah.sabtu(31/08/24) malam.

Kegiatan yang digelar di Alun-alun Ki Bagus Asra Bondowoso,ribuan pasang mata masyarakat Bondowoso tertuju pada pertunjukan teatrikal bersejarah tersebut. Bahkan, untuk menghormati jasa pahlawan, Pemkab Bondowoso juga menghadirkan keluarga dari Ki Ronggo.

Kepala Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Bondowoso Mulyadi mengatakan, Festival Ki Ronggo ini menjadi puncak peringatan Harjabo.

BACA JUGA :
Mengantisipasi Terjadinya Kelangkaan Gas Elpiji Polres Bondowoso Melakukan Pengecekan di Setiap Agen

” Seni budaya musik dari berbagai sanggar tari menggambarkan kisah perjuangan para pahlawan saat membabat Bondowoso, ” katanya.

Selain menampilkan beragam seni tari budaya, Festival Ki Ronggo ini diharapkan dapat membangkitkan gairah ekonomi masyarakat. Dimana, Pemkab Bondowoso menggandeng 100 pelaku UMKM 

” Harapannya adalah dapat diperpanjang 1 malam lagi. Juga terjadi peningkatan ekonomi yang sigfinikan, ” lanjutnya. 

Menurutnya, Harjabo telah melalui beberapa rangkaian. Kegiatan ini juga diikuti 9 sanggar seni yang terdiri dari tingkat SMP dan SMA yang menampilkan hasil seni dan budaya kearifan lokal.

BACA JUGA :
Sebagai Narasumber, Kasdim 0822 Bondowoso Hadiri Rakor Binwasgar Pemdes Tahun 2024

” Diharapkan mengadukasi tentang sejarah berdirinya Kabupaten Bondowoso melalui Raden Bagus Asra Bondowoso, ” tutur Mulyadi.

Untuk itu pihaknya akan mengevaluasi seberapa besar peningkatan ekonomi yang dihasilkan dari para pelaku UMKM. ” Banyak hal yang perlu diperbaiki agar lebih baik di masa yang akan datang, ” ungkapnya.

Sementara itu, Pj Bupati Bondowoso Muhammad Hadi Wawan Guntoro mengatakan, kegiatan ini sangat spektakuler sehingga sebagai warga Bondowoso harus bangga.

” Indonesia ini adalah negara yang kaya termasuk Bondowoso ini kaya akan nilai-nilai budaya tradisi kearifan lokal, ” kata Hadi Wawan. 

BACA JUGA :
Kodim 0822 Bondowoso dampingi Tim Pemeriksa Tinjau Rumah Tidak Layak Huni, Warga Bahagia

Hal ini merupakan kewajiban bersama untuk menjaga dan melestarikannya sebagaimana tema Hari Jadi Kabupaten Bondowoso yang ke-205 yakni Lestarikan Budaya Demi Masa Depan Bangsa.

” Ini merupakan momentum bagi kita untuk memberikan penghormatan serta untuk mengenang jasa-jasa pembabat pertama Kota Bondowoso ini yakni Raden Bagus Asra Ki Ronggo. Yang membabat hutan belantara dan berhasil memperluas wilayah Bondowoso pada tahun 1819 yang silam, ” pungkasnya.(Yudi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *