Mungkin sudah banyak dari anda yang pernah mendengar “analog” dan “digital” dalam kehidupan sehari hari.

Keduanya merupakan teknologi yang berkaitan erat dengan kehidupan manusia sehari hari, gaya hidup yang terus menuntut untuk selalu terhubungkan dengan teknologi.

Orang awam sekalipun sadar mengenai keberadaan teknologi yang memiliki peran penting dalam perkembangan zaman termasuk pula teknologi analog dan digital.

Bagi anda yang belum memahami, baik teknologi analog dan digital keduanya memungkinkan pengguna untuk bisa mendapatkan informasi dan komunikasi lebih mudah dan cepat. Biasanya teknologi terdapat pada benda-benda elektronik yang digunakan sehari hari.

Pengertian Analog Dan Digital

Untuk lebih jelasnya, berikut ini pengertian analog dan digital yang perlu anda ketahui.

Pengertian Analog dan Contohnya

Analog merupakan sebutan sebuah sinyal yang memiliki bentuk gelombang dan cara kerjanya yang berkelanjutan. Sinyal analog ini membawakan informasi data, yaitu dengan mengubah karakteristik gelombang.

Parameter yang digunakan sinyal analog ini ada 2, yaitu frekuensi dan amplitude. Umumnya gelombang yang terdapat dalam sinyal analog memiliki bentuk gelombang sinus dengan 3 variabel dasar yaitu frekuensi, amplitude dan phase.

Frekuensi adalah banyaknya jumlah gelombang dari sebuah sinyal analog, amplitude merupakan ukuran tinggi rendahnya tegangan sebuah sinyal analog, sedangkan phase merupakan besaran sudut sebuah sinyal analog dalam waktu-waktu tertentu.

Lalu bagaimana cara kerja sebuah sinyal analog? cara kerja sinyal ini adalah dengan menyebarkan sinyal menggunakan gelombang radio atau elektromagentik dan dilakukan berulang-ulang. Proses penyebaran sinyal ini tentunya dipengaruhi berbagai faktor pengganggu.

Pengiriman sinyal analog terjadi berurutan dan dilakukan terus menerus, atau dalam bahasa lainnya dikenal sebagai variable.

Sehingga intinya, sinyal analog adalah sebuah bentuk komunikasi elektromagnetik yang sangat tergantung pengirimannya pada gelombang elektromagnetik.

Contoh Sistem Analog :

  • Radio Analog
  • Telephone
  • Remote TV
  • Speedometer (motor)
  • Pengukur tekanan

Pengertian Digital dan Contohnya

Bisa dikatakan jika Digital merupakan pengembangan teknologi dari analog. Jadi sebelum adanya digital, analog sudah terlebih dahulu dikenal dan digunakan dalam kehidupan sehari hari.

Digital merupakan bentuk “maju” atau modern dari teknologi analog yang merupakan sinyal data berbentuk pulsa, dimana dapat mengalami perubahan tiba-tiba atau mendadak dengan besar perubahan antara 0 dan 1.

Meskipun perubahan sinyal hanya 0 dan 1, namun jangan salah jika dua perubahan ini bisa mengubah hal besar.

Biasanya transmisi yang dilakukan sinyal digital hanya mempunyai jangkauan yang dekat, namun sinyal digital tidak mudah dipengaruhi oleh derau. Sinyal yang mempunyai 2 perubahan ini disebut sebagai bit.

Istilah bit disini untuk penyebutan digital dan besaran bit hanya 0 dan 1. Bit adalah satuan terkecil rangkaian perhitungan yang terdapat dalam sinyal digital.

Dibandingkan dengan teknologi analog, digital mempunyai beberapa keistimewaan tersendiri yang unik dan tidak ditemukan dalam teknologi analog, yaitu:

  • Mampu mengirimkan informasi menggunakan kecepatan cahaya, sehingga informasi yang dikirim bisa cepat tersampaikan dengan kecepatan tinggi
  • Penggunaan yang berulang dan terus menerus terhadap informasi tidak akan berpengaruh pada kualitas dan kuantitas dari informasi tersebut
  • Informasi bisa dengan mudah diproses serta dimodifikasi menjadi berbagai bentuk
  • Dapat memproses informasi meskipun dalam jumlah yang besar sekalipun serta mengirimkannya secara interaktif

Contoh sistem digital:

  • Kamera Digital
  • Jam Digital
  • Kalkulator Digital
  • Handphone
  • Komputer
  • Penunjuk Suhu Digital
  • Radio Digital

Nah itu tadi penjelasan seputar pengertian analog dan digital, serta contohnya dalam kehidupan sehari hari. Masing-masing teknologi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dalam penerapannya.

Semoga informasi diatas bermanfaat dan dapat membantu memberikan pengetahuan .

Iklan Mesin Fotocopy