Teknologi yang semakin berkembang pesat, secara tidak langsung cukup berpengaruh dalam berbagai hal di kehidupan manusia.

Termasuk dalam bidang komunikasi, jika dulunya kebanyakan orang bertukar pesan melalui media surat dan mengirimnya menggunakan jasa pos atau sejenisnya. Maka kini metode pengiriman pesan juga semakin canggih.

Kini orang tak perlu lagi menulis di selembar kertas dan kemudian mengirimkannya melalui pos, cukup melalui email saja semua pesan bisa terkirimkan kemanapun dan kapanpun anda inginkan.

Pengertian Email dan Fungsinya

Email via beehosting.pro

Kehadiran email (electronic mail) ini memungkinkan seseorang dapat mengirimkan pesan atau file dengan cara yang lebih cepat, murah, dan juga efisien. Bahkan dalam kehidupan sehari hari, email serasa menjadi hal yang lazim digunakan.

Dan pada artikel kali ini akan dibahas lebih lanjut mengenai fungsi dan cara kerja email yang mungkin masih jarang diketahui.

Pengertian Email

Email atau electronic mail atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai Surat Elektronik merupakan media atau sarana yang digunakan dalam mengirim surat melalui internet.

Yang dimaksudkan dengan internet disini bisa berupa komputer maupun smartphone yang mempunyai koneksi internet. Jika pada surat pos akan dikenakan biaya untuk membeli perangko dan jasa pelayanan, maka tidak dalam pengiriman pesan melalui email.

Hanya saja dibutuhkan koneksi internet untuk bisa mengirimkan email.

Fungsi Email

Jika dilihat dari pengertian email diatas, bisa diketahui jika email memiliki fungsi seperti layanan pengiriman surat yang berbentuk digital.

Adapun fungsi-fungsi dari email antara lain sebagai berikut :

Mengirimkan dan Menerima Pesan

Ini adalah fungsi utama sebuah email, yaitu dapat mengirimkan dan menerima pesan. Pengguna dapat mengirim maupun menerima pesan dari pengguna email lainnya hanya dalam hitungan detik, tergantung dari kecepatan koneksi internet yang digunakan.

Caranya sangatlah mudah, pengguna hanya perlu menulis pesan di bagian dashboard menu email yang sudah disediakan penyedia layanan email. Setelah itu mengirimkan pesan tersebut pada alamat email yang dituju.

Mengirimkan dan Menerima File

Bukan hanya dapat digunakan untuk mengirimkan dan menerima pesan (surat) saja, namun email juga bisa digunakan untuk mengirim maupun menerima file. Yang dimaksud dengan file disini bisa berbentuk gambar, video, dokumen, maupun file lainnya.

Baca juga : Pengertian Analog dan Digital Beserta Perbedaannya

Untuk mengirimkan file, pengguna bisa menambahkan pada lampiran (attachment) yang ada pada email dan kemudian mengirimkannya ke alamat email yang dituju. Untuk ukuran file yang bisa dikirim biasanya memiliki ukuran tertentu dan tidak melebihi ukuran file maksimal tersebut untuk dapat terkirimkan.

Untuk Mendaftarkan Akun Sosial Media atau Lainnya

Rasanya hampir semua layanan yang ada di internet saat ini, baik sosial media, e-commerce, game, maupun lainnya membutuhkan email ketika akan mendaftar maupun login ke dalam layanan tersebut.

Biasanya layanan atau aplikasi tersebut meminta untuk verifikasi dari akun email yang sudah didaftarkan ataupun mengirimkan notifikasi ke alamat email tersebut. jadi bisa dikatakan email jadi hal yang penting untuk bisa menggunakan berbagai layanan yang ada di internet.

Media Promosi

Email saat ini juga seringkali dijadikan sarana promosi untuk para pebisnis, seperti online store misalnya. Ketika pengguna mendaftarkan emailnya di suatu layanan online store maka secara otomatis mereka akan menerima email promosi yang berasal dari online store tersebut.

Mengaktifkan Smartphone

Smartphone saat ini, terutama untuk OS Android terkadang membutuhkan alamat email untuk bisa diaktifkan. Biasanya alamat email tersebut akan disinkronkan dengan aplikasi-aplikasi yang ada di smartphone

Cara Kerja Email

Setelah membahas fungsi-fungsi dalam email, maka selanjutnya yang harus dipahami adalah cara kerja email.

Sebenarnya email memiliki cara kerja yang sederhana seperti saat kita menuliskan sebuah surat untuk orang lain. Hanya saja bedanya, saat menggunakan email maka pengiriman pesan jauh lebih cepat dan bisa disertai file lainnya yang ingin dikirimkan.

Berikut ini penjelasan singkat mengenai cara kerja email

  • Pengguna bisa membuka emailnya dan menuliskan isi pesan atau file yang akan dikirim
  • Selanjutnya pengguna email akan memberikan instruksi kepada layanan email tersebut untuk mengirimkan pesan sesuai dengan alamat email yang dituju
  • Email server kemudian melakukan identifikasi pada email yang dituju, dan setelah itu mengirimkan pesan ke email server lain yang berada dekat alamat email tujuan. Tak jarang sebuah email bisa dikirimkan menggunakan beberapa email server tergantung rute yang dilalui.
  • Saat pesan email terkirim, maka isi pesan akan tersimpan dalam email server hingga penerima email tersebut membukanya
  • Ketika penerima email membuka pesan yang ada pada inbox, lauyanan email penerima akan meminta email baru di email server dan kemudian mengunduhnya ke perangkat penerima email seperti komputer atau handphone
  • Selanjutnya penerima dapat melihat isi pesan yang sudah diunduh tadi

Itulah pembahasan mengenai pengertian email, fungsi email dan cara kerjanya. Semoga bisa menambah pengetahuan dan memberikan manfaat. Jangan lupa share ke media sosial ya supaya orang lain juga tahu apa yang anda tahu 🙂

Iklan Mesin Fotocopy