Alinea

 

Guna menekan angka kecelakaan lalu lintas di Jakarta, Polda Metro Jaya akan menambah 81 kamera tilang elektronik atau kamera electronic traffic law enforcement, kamera tersebut akan disebar di seluruh wilayah ibukota.

Polda Metro Jaya terus berupaya menekan angka kecelakaan lalu lintas di Jakarta, salah satu langkahnya adalah penambahan electronic traffic Law enforcement atau kamera tilang elektronik.

Menurut polisi faktor utama penyebab kecelakaan adalah pelanggaran lalu lintas seperti tidak menggunakan sabuk pengaman, menerobos lampu lalu lintas dan menggunakan telepon genggam saat berkendara, rencananya Polda Metro Jaya akan menambah 81 kamera tilang elektronik di 32 titik di Jakarta.

“Disamping itu ETLE juga befungsi untuk mengetahui kendaraan-kendaraan yang melanggar ini milik siapa yang mampu melakukan yang namanya bihaqqil recognition mengenali untuk mengacu kepada data yang ada di kita di Kepolisian, tadi saya katakan dan tujuannya untuk meminimalisir angka kecelakaan lalu lintas.”

Penerapan tilang elektronik Ini mendapat respon positif dari dewan transportasi Jakarta ketua DPD Iskandar Abubakar menilai kamera Tersebut akan merekam segala pelanggaran lalu lintas tanpa pandang bulu.

“Oleh karena itu kami sangat mendukung dan kami mengharapkan bahwa ETLE ini bisa lebih di kembangkan lagi jumlah titiknya yang sekarang masih 12 bisa dikembangkan lagi dan kami mengharapkan bahwa ETLE ini juga bisa digunakan untuk para pelanggar lawan arus yang banyak. ”

Polda metro jaya berharap penambahan kamera tilang elektronik ini dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas hingga 40%.