o_1agutsobk14pm1t7bu5uhrs1307aJakarta – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan Bupati Trenggalek Emil Elestianto Dardak bakal menjadi pembicara dalam kongres Kepala Daerah Sedunia yang digelar di Bogota, Kolombia.

“Kebetulan kita diberi kepercayaan menjadi pembicara dalam forum bertema driving bottom up national development policy dialogue,” kata Emil semacam dikutip dari Antara, Jumat (14/10/2016).

Emil yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Asosiasi Pemkab Seluruh Indonesia (Apkasi) membahas, sehari sebelumnya, dirinya terpilih mewakili Asia-Pasifik dalam suatu kegiatan bernama “urban governance survey” pada 12 Oktober 2016.

Kegiatan itu diadakan oleh London School of Economics, United Nations (UN) Habitat, dan United Cities and Local Government (UCLG) Committee on Decentralization and Local Self-Government, dan MacArthur Foundation.

Selain Emil, tampil sebagai pembicara dalam forum development policy dialoque antara lain Menteri Otonomi Bolivia Hugo Siles, Wali Kota Libreville Gabon Ossouka Raponda dan perwakilan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Kolombia Simon Gaviria Manoz.

Selanjutnya, Komisi Eropa Rosario Bento Pais dan Komisioner Kerja Sama Internasional Barcelona Josep Lluis Alays Rodriguez.

“Peluang ini bakal kita pergunakan untuk memperjuangkan konsep pembangunan bottom-up di Indonesia, di mana arah pembangunan nasional wajib diimbangi dengan pengembangan daerah perkotaan,” ucap Emil.

Dia membicarakan tema yang bakal dirinya bahas terutama tergolong otonomi keuangan daerah dan peran dan masyarakat dalam pengambilan kebijakan daerah. Kemudian distribusi sektoral dari kekuatan politik daerah, dan tantangan menuju pembangunan daerah berkelanjutan.

Ia berkata, sesi tersebut dimoderatori oleh Kepala Unit Pemerintahan Daerah se-dunia alias UN Habitat, Diana Lopez.

“Pembicara yang hadir pada UCLG World Congress dari Indonesia merupakan Walikota Surabaya Tri Rismaharini yang menjadi baginda rumah pertemuan Preparatory Committee Habitat-3, dan Deputi Gubernur DKI Jakarta Oswar Mungkasa selaku baginda rumah sekretariat UCLG Asia Pacific,” ucap Emil.

Iklan Mesin Fotocopy