Contagion merupakan film dari tahun 2011 yang bercerita tentang ketakutan, virus yang ganas dan penyebaran penyakit yang sangat tidak terkendali. Film ini disutradarai oleh Steven Soderbergh, diproduseri Michael Shamberg, Stacey Sher dan Gregory Jacobs. 

Sinopsis Film Contagion (2011)

Sinopsis Film Contagion (2011)

Cerita ini berawal dari Beth Emhoff (Gwyneth Paltrow) yang kembali kerumah setelah perjalanan bisnisnya dari China, tanpa dia ketahui, dia membawa virus baru yang ganas, kemudian dia jatuh sakit.

Lalu sang suami Mitch (Matt Damon) segera membawa nya ke Rumah Sakit, tidak lama dari sana akhirnya dia meninggal, hal tersebut juga dialami putranya yang masih muda yang tidak sengaja terinfeksi oleh ibunya.

Tidak lama setelah kejadian itu, Sang Suami dan Putrinya dikarantina dari masyarakat. Setelah dilakukan penelitian dan observasi oleh petugas, sang suami dan putrinya diketahui mempunyai imun tubuh yang kuat/kebal, dari sana mereka berdua dipersilahkan untuk pergi.

Ketika Mitch dan putrinya mencoba untuk meninggalkan kota, mereka mengetahui bahwa diperbatasan Negara telah disegel.

Sementara itu di Atlanta di Pusat Pengendalian Penyakit, para petugas berusaha mencari tahu dari mana asal virus tersebut, bagaimana penyebarannya, dan yang terpenting dari kesemuanya adalah bagaimana cara menyembuhkannya/menemukan vaksinnya.

Seorang dokter bernama Erin Mears (Kate Winslet) ditugaskan kedaerah yang terinfeksi untuk menyelidiki dan mengontrol dari penyebaran virus tersebut, namun tanpa diduga dia terinfeksi lalu tewas setelahnya.

Karena penyebaran virus tersebut sangatlah luas dan cepat, Dr. Ally Hextall (Jennifer Ehle) seorang wanita yang sangat cerdas, menemukan bahwa penyebaran penyakit ini disebabkan oleh campuran dari dua virus yang ada, yakni virus kelelawar dan virus babi.

Disana dia bekerjasama dengan pihak CDC mencoba berfikir jika dia bisa mengembangkan vaksin untuk melawan penyebaran virus tersebut, namun hal tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa diujikan ke hewan belum lagi ditambah menunggu persetujuan untuk bisa diujikan ke manusia.

Jadi dia menyuntik dirinya sendiri dan membiarkan dirinya terinveksi virus tersebut. Beruntung vaksin yang dikembangkan bisa bekerja dengan cukup baik dan sesuai dengan rencana, dari sana vaksin ini diproduksi secara masal.

Alan Krumwiede (Jude Law) yang merupakan seorang blogger dunia maya mengetahui kisah ini sejak awal, dan menyebarkan desas-desus bahwa CDC telah menyembunyikan obat/vaksin yang melawan virus tersebut sejak awal. Pengobatan homeopati yang disebut forsythia.

Baca juga : Sinopsis Film Vanguard (2020)

Dalam proses produksi vaksin secara masal, sekitar 26 juta orang dari seluruh dunia tewas efek dari penyebaran virus yang tidak terkendali.

Di akhir film ditampilkan dari mana virus itu berasal. Berawal dari suatu tempat di China, ada kelelawar yang memakan bagian dari pisang yang sudah membusuk, dari sana ada bagian dari proses makan tersebut yang terjatuh dipekarangan babi, dari sana babi-babi itu memakan bagian yang terjatuh tersebut.

Hal itu mengakibatkan terbentuk nya virus baru yang tidak bisa direspon dengan baik oleh imun pertahanan tubuh manusia. Babi tersebut menjadi hidangan yang disajikan di kasino di Makau, tempat dimana Beth Emhoff (Gwyneth Paltrow) berada saat dia berjabat tangan dengan sang juru masak.

Film ini juga dibintangi beberapa actor dan aktris yang cukup dikenal masyarakat yakni Marion Cotillard sebagai Dr. Leonora Orantes, Matt Damon sebagai Mitch Emhoff, Laurence Fishburne sebagai Dr. Ellis Cheever, Jude Law sebagai Alan Krumwiede, Gwyneth Paltrow sebagai Beth Emhoff, dan Kate Winslet sebagai Dr. Erin Mears, film didistibusi oleh Warner Bros. Pictures, 

Iklan Mesin Fotocopy