Greyhound merupakan pendatang baru dalam kancah dunia film bertema perang, disutradari oleh Aaron Schneider dan dibintangi oleh Tom Hanks (Aktor Utama) yang juga merangkap sebagai penulis naskah film.

Ini merupakan ketiga kalinya Tom Hanks menjadi seorang penulis naskah, sebelumnya Tom Hanks pernah menulis naskah film berjudul That Thing You Do tahun 1996 dan Larry Crowne tahun 2011.

Sinopsis Film Greyhound

Sinopsis Film Greyhound

Film ini berdasarkan dari novel berjudul The Goof Shepherd karya C. S. Forester pada tahun 1955. Film ini juga dibintangi oleh Tom Hanks, Stephen Graham, Rob Morgan dan Elisabeth Sue.

Kembalinya Tom Hanks Di Kancah Perang Dunia II

Di film ini Tom Hanks akan memerankan sosok Komandan Angkatan Laut US Navy bernama Ernest Krause pada tugas pertamanya di waktu-perang dengan memimpin kelompok pengawal multi-nasional dalam melindungi konvoi kapal dagang sekutu sebanyak 37 kapal yang dibayang-bayangi oleh kapal selam U-boat Jerman.

Dengan menggunakan formasi “wolfpack” nya yang terkenal dan mematikan yang banyak berkeliaran pada awal 1942 selama Pertempuran Atlantik berlangsung, hanya beberapa bulan US secara resmi memasuki kancah Perang Dunia II.

Sebelumnya, Tom Hanks pernah memerankan sosok Captain Miller dari Battalion Ke-2 Rangers US Army di film Saving Private Ryan (1998) yang dimana difilm tersebut menceritakan misi utamanya dalam mencari sosok Prajurit.

Prajurit bernama James Francis Ryan yang berasal dari kesatuan Divisi Lintas Udara ke 101 yang berada di suatu tempat daerah Normandia. Tom Hanks juga pernah menjadi Produser bagi Miniseries bergenre drama dan perang dari Band of Brother yang tayang pada channel HBO di tahun 2001.

USS Kidd (DD-661)

Sebagian besar pengambilan gambar pada film ini dilakukan diatas kapal USS Kidd (DD-661), tipe kapal perusak kelas Fletcher era Perang Dunia II di Baton Rouge, Lousiana.

USS Kidd diambil dari nama Laksamana Muda Isaac C Kidd yang tewas di Anjungan Kapal USS Arizona (BB-39) pada tahun 1941 selama penyerangan Jepang ke Pearl Harbour, Hawai di Samudra Pasifik.

Laksamana Muda Isaac C Kidd merupakan “flag officer” yang tewas untuk pertama kali di Angkatan Laut US Navy selama periode pertempuran Perang Dunia II.

Formasi Wolfpack U-Boat

Di film ini menceritakan musuh utama dari Ernest Krause (Tom Hanks) yakni Kapal Selam U-boat dari Kriegsmarine (Angkatan Laut Jerman) yang banyak berkeliaran disepanjang jalur konvoi sekutu selama Perang Atlantik.

U-boat Angkatan Laut Jerman sering menggunakan formasi “wolfpack”. Pergerakan U-boat dikontrol oleh Befehlshaber der Unterseeboote (BdU, Komando Armada Kapal Selam) jauh lebih ketat ketimbang kapal-kapal selam US Navy, yang diberi kebebasan yang luar biasa selama berpatroli.

Dengan demikian, U-boat biasanya berpatroli sendirian, seringkali berjajar di garis-garis yang terkoordinir melintasi rute-rute yang diperkirakan akan dilalui konvoi kapal Sekutu (biasanya terdiri dari kapal dagang dan kapal perusak kecil sebagai pengawal).

Baca juga : Sinopsis Film Contagion Yang Mirip Virus Corona

Meskipun wolfpack terbukti menjadi ancamana serius terhadap kapal-kapal Sekutu, Komando Sekutu mengembangkan tindakan penanggulangannya. Formasi dari Wolfpack U-boat membutuhkan komunikasi radio yang ektensif untuk mengkoordinasikan serangan.

Hal ini menjadikan U-boat rentan terhadap alat yang disebut High Frequency Direction Finder (HF/DF atau Huff-Duff”) yang memungkinkan angkatan laut Sekutu untuk mendeteksi lokasi dan menyerang kapal-kapal musuh yang memancarkan sinyal radio.

Juga, bantuan udara yang efektif, baik pesawat jarak jauh dengan radar, dan kapal-kapal pengawal dan balon-balon udara, memungkinkan U-boat lebih mudah terdeteksi saat membayangi sebuah konvoi (biasanya U-boat menunggu malam hari untuk menyerang).

Film ini direncanakan tayang di US pada 12 Juni 2020, oleh rumah produksi Sony Pictures.

Video Trailer

Iklan Jasa Pembuatan Website